Mahasiswa KKN UNS Ajari Ketrampilan Membatik di Grobogan

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Mahasiswa pun ikut berupaya melakukan pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid-19. Ini dilaksanakan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 18 Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo kepada warga Desa Tlogotirto, Kabupaten Grobogan.

Pemuda desa dilatih membuat batik tulis agar ketrampilan baru itu dapat menambah penghasilan mereka. Selain itu pelatihan juga untuk mendekatkan pemuda terhadap batik agar mereka mencintai warisan budaya asli Indonesia berupa batik.

“Apalagi Grobogan memiliki corak batik tersendiri yang menjadikan batik Grobogan beda dengan batik-batik lain,” kata Ade Prasetya Aji, Ketua Tim KKN Kelompok 18 UNS, Kamis. Dengan kegiatan ini pemuda Grobogan lebih mencintai batik sekaligus ikut menjaga kelestarian batik khas Grobogan.

Untuk menggelar pelatihan di atas, mahasiswa menggandeng Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Purudhita. Sebanyal 30 peserta dilatih cara membatik mulai dari pembuatan pola, pencantingan/pemalaman, pewarnaan, pelodoran, sampai pada tahap pengemasan.

“Jadi dari bikin pola sampai packing kami ajarkan,” jelas Siswanto, pendiri UMKM Purudhita. Praktek membatik berlangsung di Desa Sulursari, Kecamatan Gabus, Grobogan.

Pelatihan disambut semangat para pemuda desa. Mereka antusias mengikuti semua tahapan. “Semoga saya dan teman-teman bisa bikin usaha batik sendiri di rumah,” ujar Aldino Trinovian.-(Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI