Mahasiswa UMKU Jalani Pengabdian di Karanganyar

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Sebanyak 40 mahasiswa jurusan farmasi, apoteker, perawat dan gizi Universitas Muhammadiyah Kudus (UMKU) menjalani program pendidikan dan pengabdian masyarakat di RS swata, negeri dan puskesmas di Kabupaten Karanganyar. Ini merupakan awal kerjasama UMKU dengan Pemkab Karanganyar dalam mewujudkan tridarma perguruan tinggi.

Diharapkan, pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang terbuat di tridarma perguruan tinggi terwujud dalam kerjasama itu. Sebanyak 40 mahasiswa yang belajar di fasilitas kesehatan memberi manfaat lebih.

Rektor UMKU, Rusnoto mengatakan Kabupaten Karanganyar dipilihnya menjadi lokasi pendidikan dan pengabdian bukan tanpa alasan. Menurutnya, itu merupakan permintaan masyarakat Karanganyar juga.

“Menjalaninya selama 2-2,5 tahun. Untuk memenuhi level pendidikan D3 ke S1. Pendidikan profesi perawat, farmasi dan apoteker. Ke RS negeri, swasta dan puskesmas. Sasaran pelayanan ke masyarakat dan ASN. Ini permintaan dari masyarakat Karanganyar agar UNMU hadir di sini,” katanya kepada KR usai menandatangani MoU Tridarma Perguruan Tinggi dengan Pemkab Karanganyar, Senin (18/10).

Di masa pendidikan dan pengabdian, materi perkuliahan UNMU disampikan secara daring. Sedangkan praktik berlangsung di lapangan atau laboratorium kerjanya. Ia mengatakan, UNMU mengirim mahasiswa di program tersebut ke sejumlah kota/kabupaten. Sebelumnya di Ngawi, Sragen dan Grobogan.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono menyampaikan pentingnya kebebasan menjalani pendidikan.

“Merdeka belajar itu artinya melaksanakan magang sesuai dengan kompentensinya, bahkan sekarang banyak kantor-kantor yang sudah terbantu dengan adanya mahasiswa magang,” ungkap bupati.

Dengan adanya program magang menjadi dampak positif bagi mahasiswayang ingin membekali dirinya dengan praktik lapangan. (Lim)

 

 

BERITA REKOMENDASI