Mahasiswa UNS Gelar Pameran Produk Wirausaha

Editor: Agus Sigit

SOLO, KRJOGJA.com – Sebanyak 85 kelompok usaha mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengikuti Gelar Produk Wirausaha Baru di Paragon Mal Solo selama tiga hari, mulai Jumat (24/6). Ini merupakan promosi luring pertama yang digelar setelah masa pandemi Covid 19.

Dari 85 kelompok usaha ini melibatkan 433 mahasiswa dari berbagai fakultas. Ada tujuh kelompok usaha yang tampil diantara fashion, kriya, budidaya, kuliner, jasa, bahan bakar, jelas ketua Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKWu) LPPM UNS, Susantiningrum SPd SE MAB pada pembukaan Ekspo Produk Wirausaha Baru. Ekspo dibuka Wakil Rektor 3 Prof Dr Kuncoro Diharjo.

Kegiatan Ekspo menjadi ajang bagi mahasiswa pelaku usaha untuk menjajaki produknya apakah sudah sesuai dengan permintaan pasar. Mal dipilih karena merupakan tempat berkumpulnya konsumen. Dari situ mahasiswa diharapkan bisa mendapatkan input terkait kualitas produknya.

“Sehingga ke depan bisa lebih berkembang dengan meningkatnya kualitas produk,” kata Susanti.

Sementara Prof Kuncoro apa yang dijalani mahasiswa itu mengatakan Alfates produk. Dengan datangnya
pengunjung yang datang diminta untuk mencicipi dan menilai guna penyempurnaan ke depan. Setelah disempurnakan menjadi beta tes.

Ia mengaku gembira bisa terselenggara ekspo secara luring. “Ini sudah lama saya impikan,” tuturnya. Dari sini diharapkan bisa lahir wirausaha baru dari kalangan mahasiswa yang menampung pencari kerja.

Usaha yang ditekuni mahasiswa sudah memberikan keuntungan yang lumayan. Azmi, mahasiswa semester 4 FKIP yang menekuni budidaya kaktus omset setiap bulan sekitar Rp 9 juta. Yang lainnya, tambah Susanti, ada yang lebih besar lagi. (Qom)

 

BERITA REKOMENDASI