Makin Gesit, Tagana Dibekali Ilmu Dasar Kebencanaan

SRAGEN (KRjogja.com) – Sebanyak 84 relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) mengikuti pelatihan pemantapan di Balai Desa Mojorejo, Kecamatan Karangmalang, Sragen, Minggu (6//11). Selain diikuti perwakilan setiap kecamatan, pelatihan juga diikuti perwakilan Tagana se-Surakarta, Grobogan dan Blora.

Peserta dibekali pelatihan lapangan dan penguasaan teori, mulai dari penanganan bencana, paska bencana dan tindakan preventif sebelum terjadinya bencana. "Tujuan pelatihan untuk merekrut calon anggota Tagana agar mendapatkan bekal pelatihan semua hal terkait penanganan bencana," ujar Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sragen, Purwadi Joko Haryanto di sela pembukaan pelatihan.

Menurut Joko, materi yang diberikan meliputi pelatihan pendirian tenda, dapur umum, rescue air, mengemudikan perahu hingga penanganan bencana yang lebih besar. Untuk pemberi materi, didatangkan khusus dari perwakilan Dinsos Provinsi Jawa Tengah, TNI dan unsur lain. "Kebetulan untuk Tagana sudah punya tim sendiri, jadi ada yang menghandel dari provinsi untuk pemateri," jelasnya.

Ketua panitia pelatihan, Sugiyanto menambahkan, dari total 20 kecamatan di Sragen, hanya Kecamatan Sumberlawang yang tidak mengirimkan perwakilan. Selebihnya tiap kecamatan mengirimkan 2 hingga 5 personil untuk dilatih. "Pesertan dari beragam unsur mulai pelajar, aktivis dan lainnya. Total 84 peserta yang teridri 15 perempuan dan 79 pria," tandasnya. (Sam)

 

BERITA REKOMENDASI