Maling 12 Sepeda Onthel Tertangkap

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pelaku pencurian sepeda angin saat gelaran Car Free Day (CFD) Karanganyar berhasil diamankan. Polisi juga menyita 12 unit sepeda onthel hasil jarahannnya.

Kasi Humas Polres Karanganyar AKP Agung Purwoko membenarkan penangkapan pelaku pencurian sepeda oleh Unit Resmob Polres Karanganyar pada Minggu (26/06/2022) lalu. Warga yang mengenalinya, langsung melapor ke Mapolres. Pelaku dikenali dari ciri-ciri pencuri sepeda onthel yang beraksi di pelataran Masjid Madaniyah pada beberapa waktu lalu. Saat itu, aksinya terekam CCTV Diskominfo Karanganyar.

“Kami telah menangkap seorang diduga pelaku tindak pidana pencurian sepeda di halaman parkir Masjid Agung Karanganyar Madaniyah, saat CFD kemarin,” ujar Agung, Rabu (29/06/2022).

Agung mengungkapkan identitas pelaku berinisial S (49) warga Desa Kranggan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Dia menjelaskan pelaku ditangkap saat beraksi kembali mengambil sepeda yang tengah terparkir di halaman Masjid Agung Madaniyah Karanganyar.

“Saat melaksanakan pemantauan diduga pelaku terlihat melakukan kembali mengambil sepeda yang tengah terparkir di halaman Masjid Agung Madaniyyah Karanganyar, kemudian terduga pelaku diamankan team Resmob berikut barang bukti di Kantor Sat Reskrim Polres Karanganyar,” katanya.

Agung menjelaskan usai diamankan, pelaku dilakukan pengembangan untuk mencari barang bukti. Setelah barang bukti diamankan, lanjut kata dia, pihak polisi menginterogasi pelaku.

“Hasil Introgasi awal, menurut keterangan dari tersangka S, bahwa benar telah mengambil sepeda milik korban, dan sudah beberapa kali melancarkan aksi tersebut di halaman parkir Masjid Agung Karanganyar,” tutur Agung.

Dia menjelaskan berdasarkan keterangan tersangka S ada 12 buah sepeda yang berhasil dicuri olehnya. Dari belasan sepeda, kemudian pelaku menjual barang tersebut ke beberapa penadah sepeda tersebut.

“Hasil dari tindak pidana Pencurian tersebut Dijual di 3 (tiga) orang, antara lain, satu sepeda pasifik Silver dijual oleh seseorang di bawah flyover Palur, kemudian sepeda Exotic hitam dijual di SM dan 10 sepeda lainnya dijual ke AB, kedua orang tersebut merupakan warga Kranggan, Polanharjo, Klaten,” kata Agung.

Selanjutnya, usai mendapatkan sepeda hasil curian, tersangka S, membawa hasil curian tersebut menuju belakang MITRA SWALAYAN, depan Alun-alun Karanganyar. Kemudian barang curian tersebut diangkut dengan sepeda motor Mergapro warna hitam dengan nopol AD 2250 RV yang sebelumnya diparkiran di MITRA SWALAYAN depan Alun-alun.

Dia menerangkan dalam melakukan aksinya, ia berjalan kaki dan berpakaian layaknya orang-orang bersepeda ke Masjid Agung Karanganyar untuk menyamarkan aksinya. “Untuk saat ini pelaku dan barang bukti tersebut dibawa dan diserahkan di Kantor Sat Reskrim untuk dimintai keterangan lebih lanjut,” ujar Agung. (Lim)

BERITA REKOMENDASI