Mantan Asongan Bagi-bagi Sembako

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN (KRjogja.com) – Ribuan warga kurang mampu berdesakan berebut paket sembilan bahan pokok (sembako) yang dibagikan pengusaha muda, Pujono Eli Bayu Effedi (39) di Kampung Kuwungsari RT 3/RW 19, Sragen Kulon, Sragen, Kamis (15/7). Sedikitnya 1300 paket sembako dibagikan kepada kaum duafa oleh pengusaha yang dulunya berprofesi sebagai pedagang asongan ini.

Pembagian sembako disambut antusias warga kurang mampu seperti tukang becak, tukang sapu pasar, kuli gendong, yatim piatu, wanita jompo maupun tukang parkir. Meski yang datang cukup banyak, namun pembagian sembako ini berjalan tertib dan tidak ada kericuhan.

Menurut Bayu, paket sembako yang dibagikan ini berupa beras 5 kg, minyak goreng, mie instan dan gula. Tujuan memberikan sembako tersebut, agar warga kurang mampu khususya di Sragen kota juga ikut
merasakan kebahagiaan merayakan lebaran. "Saya juga pernah merasakan betapa susahnya menjadi orang kurang mampu. Bukan bermaksud pamer, tapi sembako ini dibagi untuk memberikan kebahagiaan bersama teman-teman lama," ujarnya.

Bayu yang saat ini menjadi pengusaha sukses dan melenggang menjadi anggota DPRD Sragen dari Partai Golkar ini mengaku terpanggil untuk berbagi bersama teman-teman seperjuangan. Setidaknya, paket sembako yang dibagi ini nilainya tidak seberapa tapi dirasa cukup membantu warga kurang mampu. "Kami mengambil data warga kurang mampu dari pemerintah untuk sasaran pembagian sembako. Sebagian besar memang teman-teman asongan saya dulu," jelasnya.

Sedangkan untuk menghindari aksi desak-desakan, kata Bayu, pihaknya telah mengantisipasi dengan cara pembagian kupon yang diberikan secara antri satu persatu. Dimana pembagiannya dengan memakai satu pintu secara bergantian, sehingga tidak sampai berdesakan maupun berjubel. (Sam)

BERITA REKOMENDASI