Mas Bro Kembali Pimpin PD Sragen, Siap Merombak Pengurus

Editor: Agus Sigit

SRAGEN, KRJOGJA.com – Suksesi kepemimpinan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat (PD) Sragen berjalan mulus. Budiono Rahmadi kembali terpilih secara aklamasi sebagai calon tunggal untuk diusulkan sebagai Ketua DPC Sragen periode 2021-2026.

Politisi yang akrab disapa Mas Bro itu secara mutlak mendapat dukungan aklamasi semua utusan PAC dari 20 kecamatan. Dukungan itu diberikan saat digelar musyawarah cabang (Muscab) ke-III yang digelar Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Wakil Ketua DPC PD Sragen, Heru Hernando Sabtu (2/10/2021) menyampaikan, Muscab yang digelar di Semarang berjalan lancar. Sragen masuk dalam 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang sudah menyelesaikan Muscab. Bahkan dari 21 daerah itu, Sragen termasuk paling cepat lantaran semua PAC pemilik hak suara, secara mutlak kembali menyatakan dukungan kepada Mas Bro. “Sragen termasuk gelombang pertama dan lancar. Semua pemilik hak suara dan PAC memberi dukungan mutlak ke saudara Budiono Rahmadi sebagai calon tunggal. Setelah diplenokan, kemudian ditetapkan menjadi calon tetap untuk dimintakan persetujuan ke DPP,” ujarnya.

Heru yang bertindak sebagai OC menyampaikan gelaran Muscab dipimpin satu perwakilan DPP, DPD, satu OC dan SC. Selain dukungan suara, pada sesi pertama, semua PAC juga menyatakan menerima laporan pertanggungjawaban (LPj) kepemimpinan sebelumnya yang disampaikan Budiono.

Setelah menjadi calon tetap, nantinya DPD akan mengajukan Mas Bro ke DPP. Selanjutnya DPP akan memanggil dan melakukan fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan. Dari hasil fit and proper test itulah nantinya DPP baru akan menetapkan sebagai Ketua DPC terpilih. Mekanisme ini memang agak berbeda dengan Muscab sebelumnya yang langsung menentukan ketua terpilih. “Setelah dinyatakan terpilih, Ketua DPC akan menerima SK dan mandat untuk menyusun tim formatur yang terdiri dari 11 orang. Formatur itulah yang nantinya diberi kewenangan menyusun struktur kepengurusan mulai dari Sekretaris, Bendahara dan sebagainya,” terangnya.

Meski masih menunggu fit and proper test di DPP, jajaran Demokrat Sragen berkeyakinan Mas Bro tetap akan mulus untuk mendapatkan SK dari DPP. Pasalnya, hanya dalam kurun satu dua tahun memimpin Demokrat Sragen, ia sudah mampu menaikkan raihan kursi DPRD dari 3 ke 5 kursi pada Pileg 2019 lalu. “Makanya kami yakin akan lancar, paling tidak satu dua hari lagi akan dipanggil DPP dan dimintai visi misinya,” jelas Heru.

BERITA REKOMENDASI