Masa Kadaluwarsa Mei, Vaksinasi Virus Corona Dikebut

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo kebut pelaksanaan vaksinasi virus Corona. Hal itu dilakukan sebagai upaya percepatan penanganan sekaligus pencegahan penyebaran virus Corona di Sukoharjo. Terlebih lagi status Kabupaten Sukoharjo masih zona oranye atau tingkat penyebaran virus Corona sedang dan membidik zona hijau. Disisi lain, vaksinasi dilakukan juga karena masa kadaluwarsa vaksin virus Corona habis hingga Mei mendatang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Rabu (24/3) mengatakan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo masih melaksanakan vaksinasi virus Corona tahap kedua dengan sasaran pelayan publik dan lanjut usia (lansia). Pelaksanaan vaksinasi virus Corona tersebut dikebut dan sekarang sudah memasuki penyuntikan dosis kedua.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo sengaja kebut pelaksanaan vaksinasi virus Corona sebagai upaya percepatan penanganan dan pencegahan penyebaran virus Corona. Hal itu sejalan dengan harapan agar Kabupaten Sukoharjo bisa segera kembali normal dan masuk zona hijau. Sebab sejak beberapa pekan terakhir terus mempertahankan status zona oranye atau tingkat penularan virus Corona sedang.

Pelaksanaan vaksinasi virus Corona juga dikebut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo karena masa kadaluwarsa vaksin virus Corona habis hingga Mei mendatang. Sisa waktu yang ada dimaksimalkan untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi virus Corona. Sebab data sasaran vaksinasi virus Corona telah ada dan tinggal pelaksanaan saja.

“Masa kadaluwarsa vaksin virus Corona masih panjang hingga Mei mendatang. Sekarang sedang dikebut pelaksanaan vaksinasi virus Corona dan data sasaran juga sudah ada. Jadi tinggal pelaksanaan saja. Sekarang sudah penyuntikan dosis kedua mudah-mudahan segera selesai,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi virus Corona tahap kedua sekarang dikebut Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo termasuk memberikan kepada sasaran calon jemaah haji (calhaj). Dari total 839 calhaj Kabupaten Sukoharjo yang siap diberangkatkan tahun 2021 ini, ada 302 calhaj lansia mendapat prioritas pertama mengikuti vaksinasi virus Corona. Sedangkan sisanya secara bertahap akan diberikan sambil menunggu kebijakan lanjutan dari pemerintah pusat.

“Sesuai kebijakan pemerintah pusat proporsional pembagiannya 60 persen untuk lansia dan 40 persen untuk pelayan publik. Sekarang vaksinasi virus Corona masih berjalan,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI