Masuk Bursa Cawagub, Yuni Setia Sragen

Editor: KRjogja/Gus

SRAGEN (KRjogja.com) – Nama Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati disebut menjadi salah satu kandidat calon Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Tengah untuk dipasangkan dengan Cagub dari Partai Gerindra, Sudirman Said. Para kader Partai Gerindra jelas menyambut baik wacana ini dan siap mendukung.

"Saya pribadi jelas senang kalau wakilnya dari perempuan. Tapi semua harus dibicarakan dulu di tingkat koalisi. Mbak Yuni (Bupati Yuni) jelas salah satu kader terbaik dan 'malah' diusulkan oleh PKS untuk mendampingi Pak Sudirman Said," ujar Anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo saat berkunjung ke Sragen, Senin (25/12).

Di sela menghadiri acara Hari Ibu dan pelantikan PAC Partai Gerindra Kecamatan Tanon Sragen, Rahayu Saraswati berharap kepemimpinan perempuan tidak hanya pada level kota/kabupaten, tapi juga sampai tingkat provinsi. Namun, untuk pendamping Cagub tidak bisa berdasar keputusan satu partai saja. "Kami menghormati PKS yang tentunya punya pertimbangan mengajukan nama Mbak Yuni dan Rustriningsih. Tapi harus didilihat secara kursi juga. Jadi dipilih mana pasangan yang bisa didukung seluruh Jawa Tengah, bukan Gerindra PKS saja," terang Saras.

Rahayu Saraswati mengatakan, kalau Yuni jadi diusung, tentunya akan menjadi kebanggaan bersama warga Sragen. Partai Gerindra akan menyerahkan calon wakilnya kepada Sudirman Said. Diharapkan pasangan yang kompak dan punya visi dan misi yang sama. "Diharapkan beliau (Sudirman Said) bisa mendapatkan pasangan yang bisa saling menguatkan dan mengisi kekurangan," tambahnya. 

Nama Kusdinar Untung Yuni Sukowati sendiri awalnya dilontarkan oleh salah satu petinggi Partai Keadilan Sejahteran (PKS), yakni Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera. Selain Yuni, PKS juga mempertimbangkan akan mengajukan Rustriningsih untuk menjadi pendamping Cagub yang diusung Gerindra, Sudirman Said. 

Yuni saat dikonfirmasi mengaku belum tahu kalau dirinya diajukan menjadi salah satu Cawagub. Sejauh ini dirinya belum dihubungi atau diajak 'rembugan'. "Saya tidak mau beranda-andai karena memang belum dihubungi. Tapi kalau boleh memilih, saya ingin tetap mengabdi di Sragen saja membangun tanah kelahiran tercinta," ujar Yuni. (Sam)

BERITA REKOMENDASI