Mayat Bayi Dibuang di Bawah Jembatan

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Mayat bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan di bawah jembatan penghubung dusun di Desa Puntukrejo Kecamatan Ngargoyoso pada Jumat (30/07/2021) sekitar pukul 10.30 WIB. Mayat tersebut ditemukan kali pertama oleh beberapa warga yang sedang berburu burung.

Mereka mendekat ke mayat itu untuk memastikan. Didapati mayat bayi perempuan dengan tali pusar masih terjuntai. Diduga, pelaku membuangnya tak lama setelah bayi itu dilahirkan. Mereka kemudian melaporkannya ke Mapolsek.

“Kalau itu (bayi) kelihatannya sudah beberapa hari di buang di sungai. Kurang lebih 2-3 hari karena ada luka membusuk di bagian tangan kiri. Bagian kepala bayi ada luka retakan,” kata Petugas Paramedis Puskesmas Ngargoyoso, Budi Sucipto usai memeriksa bayi itu.

Relawan, anggota Polsek Ngargoyoso, Koramil, petugas puskesmas setempat serta perangkat desa telah berada di lokasi. Selang beberapa saat kemudian, Tim Inafis Polres Karanganyar tiba di lokasi untuk melakukan olah TKP sekaligus mengevakuasi bayi itu dari dasar Sungai Sejugil.

Dia menuturkan, tali pusar masih menempel pada tubuh bayi akan tetapi telah dipotong rapi dan tidak ditali. Budi menjelaskan, apabila persalinan ibu hamil ditangani oleh petugas medis atau bidan, biasanya tali pusar ditali setelah dipotong.

“Mungkin itu dipotong sendiri dan ari-arinya dipendam. Bayi itu jenis kelamin perempuan. Sepertinya belum sempat diasuh karena belum bersih masih ada seperti lemak-lemaknya,” jelasnya.

Terpisah Kasi Humas Polres Karanganyar, Iptu Agung Purwoko, mengatakan berdasarkan olah TKP ditemukan barang satu bungkus pampers di sebelah mayat bayi. Polisi saat ini masih mendalami bukti dan petunjuk untuk menelusuri pelaku pembuangan bayi tersebut.

“Saat ini kami masih mendalami kasus ini dan berkomitmen untuk menangani dengan serius. Kasus ini sekarang langsung ditangani Satreskrim Polres Karanganyar,” bebernya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI