Mbah Gotho, Manusia Tertua di Dunia Masuk Rumah Sakit

SRAGEN,KRJOGJA.com – Manusia tertua di dunia asal Sragen, Suparman Sodimejo alias Mbah Gotho, dilarikan ke rumah sakit umum daerah (RSUD) setempat, Rabu (12/4/2017). Kakek yang tercatat berusia 146 tahun ini kondisinya lemas karena tidak mau makan.

Mbah Gotho dibawa ke RSUD pukul 10.00 WIB dan sempat masuk Ruang Unit Gawat Darurat (UGD) sebelum akhirnya dirawat di Ruang Wijayakusuma. Warga Desa Cemeng, Kecamatan Sambungmacan, Sragen, ini terlihat masih sadar meski kondisinya tampak lemas.

Cucu yang merawat Mbah Gotho, Suwarni mengatakan, sudah tiga hari terakhir Mbah Gotho tidak mau makan. Dalam kondisi lemas, Mbah Gotho sempat kedatangan tamu tim dokter dari Amerika Serikat (AS) yang bermaksud melakukan sejumlah tes untuk membuktikan usia sebenarnya.

"Jadi pada Senin dan Selasa, Mbah Gotho masih kuat melayani tim dokter dari AS yang melakukan tes DNA, tes urine, dan tensi darah. Katanya untuk mengetahui usia Mbah Gotho sebenarnya untuk dicatatkan di museum rekor dunia," ujar Suwarni.

Menurut Suwarni, sebelum diperiksa tim dokter dari Amerika, Mbah Gotho sebenarnya sudah mulai tidak mau makan. Setelah itu kondisinya terus melemah hingga akhirnya dibawa ke Puskesmas terdekat.

"Pada Rabu pagi kondisi Mbah Gotho semakin lemas sehingga kami bawah ke Puskesmas Sambungmacan yang kemudian dirujuk ke RSUD," jelasnya.

Dokter RSUD Sragen yang menangani Mbah Gotho, dr Herawati mengatakan, kondisi Mbah Gotho terbilang masih kuat kendati tidak mau makan beberapa hari. Fisik dan respon masih nyambung saat diajak komunikasi.

"Kondisinya bagus, cuma lemas karena tidak makan. Tindakan kami adalah memberi asupan gizi agar kembali normal. Untuk tindakan lain belum ada karena memang tidak ditemukan penyakit," tuturnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI