Mempelai Putri Seperti Bidadari, Pilih Dodot Kraton Kasunanan Surakarta

SOLO, KRJOGJA.com – Kedua mempelai Kahiyang Ayu dan Bobby Afif Nasution, proses riasnya bakal ditangani perias senior dari Solo, Ny Hajjah Endang Sri Soendari  Sumaryono. Riasan Kahiyang bakal tampil tambah anggun  bak bidadari  turun dari kahyangan memakai dodot kebesaran kampuh gaya Kraton Kasunanan Surakarta.

Perias Ny Hajjah Endang Sri Soendari Sumaryono didampingi Ny Conny, Ny Waluyo , Ny Topobroto dan Ny Santi kepada wartawan di gedung Graha Saba, Sumber, Solo ,  (30/10/2017) mengatakan sesuai permintaan ibu negara Iriana Jokowi kepada perias, konsep riasnya adalah Jawa Solo asli. "Rias tidak perlu menyolok, biasa-biasa saja  baik  itu saat prosesi siraman, ijab qobul maupun saat resepsi baik di siang hari maupun malam hari," ujarnya.

Diakui oleh Ny  Hajjah Endang Sri Soendari  Sumaryono tata rias pengantin biasanya terfokus pada pengantin putri. "Untuk tata rias pengantin putri model Solo Basahan sendiri memiliki ciri khas yang unik diantaranya pada paes berwarna hijau yang melambangkan agar pengantin putri dapat selalu berpikir positif,  juga bentuk alis bercorak 'menjangan meranggah' yang menyimbolkan semangat dan keceriaan ," papar Ny Soendari Sumaryono.

Dipaparkan oleh Ny Soendari Sumaryono paesan untuk kedua mempelai Kahiyang – Bobby seperti  paesan untuk pernikahan ageng gaya kraton Kasunanan Surakarta . “Dulu hanya keluarga raja yang boleh gunakan dodot. Sekarang sudah boleh masyarakat umum gunakan dodot alas-alasan ada gajah, menjangan, burung sebagai hiasan kepala,”ujar Ny Soendari seraya menambahkan dulu perlambang raja berburu, untuk tolak bala. 

Ny Soendari Sumaryono yang bertindak sebagai perias senior telah membagi tugas kepada perias lainnya. Kedua mempelai digarap oleh Ny Soendari , sedang Ny Waluyo kebagian tugas merias keluarga Jokowi. Sementara Hajjah Tri Sawaliyah Waluyo pemilik sanggar Hapsari di Boyolali kebagian merias keluarga Iriana . Sedang Ny Topo dan Ny Santi pihak keluarga besar mempelai pria , Bobby, sedang  
Ny Coni merias keluarga besan (keluarga orang tua Selvy Ananda). (Hwa)

BERITA REKOMENDASI