Menangkan ADWI 2021, Desa Sumberbulu Didorong Kembangkan Batik Tulis

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pokdarwis Desa Sumberbulu Kecamatan Mojogedang didorong menciptakan batik khas. Predikat juara I dalam Anugerah Desa Wisata Indononesia (ADWI) 2021 untuk kategori Suvenir yang diraihnya, menjadi modal penting menjual produk tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto optimistis para pegiat wisata di Desa Sumberbulu mampu berkreasi batik tulis yang dituangkan dalam lembaran kain dan busana. Maupun batik printing yang diaplikasikan ke suvenir seperti kain korden, celemek, busana, lukisan hingga corak luar gerabah. Pokdarwis desa tersebut telah mendapatkan pelatihan dari pelaku UKM batik tulis Girilayu yang difasilitasi dinasnya. Sekadar informasi, batik tulis Girilayu, Matesih memiliki pangsa pasar lebih luas. Kualitasnya pun telah diakui.

“SDM bisa dilatih. Sudah kami beri pelatihan dari para pelaku UKM batik tulis Girilayu. Seiring Desa Sumberbulu meraih anugerah desa wisata Indonesia tahun 2021 kategori suvenir, maka harus digali lagi potensinya. Sesuai penilaian pemerintah, desa ini enggak dilihat dari potensi alamnya. Justru dari kreativitas penggerak wisata. Yang diangkat dari produk kerajinan. Maka dikuatkan lagi. Paling potensial mengangkat batik khas Sumberbulu,” katanya kepada KRJOGJA.com, Minggu (12/12/2021).

BERITA REKOMENDASI