Mencekam! Lisus Mengamuk di Lereng Lawu

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sedikitnya belasan rumah mengalami kerusakan akibat tersapu angin puting beliung yang berembus di wilayah Karangtaji, Desa Karang, Karangpandan dan sebagian Ngargoyoso, Senin (18/10/2021). Bagian atap rumah warga berantakan.

Kerusakan masih terus didata hingga Senin malam. BPBD Karanganyar juga disibukkan menormalisasi jalur lalu lintas yang tertutup pohon tumbang dan dahan berserakan. Lokasinya di sepanjang jalur wisata Karangpandan-Tawangmangu.

Kepala Desa Karang, Dwi Purwanto mengatakan angin kencang bertiup sekira pukul 13.05 WIB. Tiupannya dari arah utara masuk ke Dusun Karang Wetan. “Suasananya mencekam. Langit gelap lalu disertai tiupan angin kencang. Tidak disertai hujan,” katanya kepada wartawan.

Sejauh ini terdata 15 rumah mengalami kerusakan pada atap. Genting diterbangkan angin sampai atap galvalum terempas. Tidak ada laporan korban luka maupun korban meninggal dunia dalam peristiwa ini. Nilai kerugian tiap pemilik rumah Rp 3 juta-Rp 5 juta. Tak lama kemudian turun hujan deras namun tidak dibarengi angin kencang. Dwi mengatakan warganya masih bertahan di rumah masing-masing. Namun apabila intensitas hujan dan angin memburuk, mereka diimbau mengungsi dengan dikawal sukarelawan.

BERITA REKOMENDASI