Mendikti Minta Riset Perguruan Tinggi Jangan Hanya di Almari

SOLO (KRjogja.com) – Seluruh rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasra (PTS) di Indonesia terus didorong untuk melakukan inovasi. Dengan harapan inovasi-inovasi yang dihasilkan dapat dirasakan masyarakat dan bermanfaat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Jadi hasil riset jangan hanya ditumpuk di almari, tapi supaya didistribusikan kepada masyarakat," tandas Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Dr M Nasir sebelum melepas jalan sehat dalam rangka Hari Kebangkitan Teknologi (Harteknas) ke 21 di Benteng Vastenberg Solo, Minggu (07/08/2016).

 

[baca juga Nyamuk 'Pemandul' DBD Dipamerkan di Solo]

Selama ini Hateknas selalu digelar di pusat dan baru kali pertama dilaksanakan di daerah yakni di Solo. Tujuannya untuk menggelorakan inovasi di daerah. Jika inovasi dapat berkembang di daerah dipastikan bisa meningkatkan ekonomi di daerah. "Jadi inovasi harus terus digelorakan oerguruan tinggi," jelasnya.

Walikota Solo Fx Hadi Rudyatmo menyambut baik pemilihan Solo sebagai pusat peringatan Harteknas. Melalui kegiatan ini akan dijadikan momentum untuk mengembangkan Solo Tecknopark. Melalui kembaga ini bisa teknologi dan inovasi bisa sampai ke individu-individu. (Qom)

BERITA REKOMENDASI