Mengharukan, Pamitan Jamaah Haji Karanganyar

KARANGANYAR, KRJOGJA.com –  Suasana haru terlihat saat pamitan keberangkatan calon jemaah haji (CJH) di halaman kantor sekretariat daerah Kabupaten Karanganyar, Sabtu (6/7) sore. Keluarga dan kerabat saling berpelukan dan bertitip doa. 

“Mengantar bapak saya atas nama Prapto usia 75 tahun. Beliau berangkat haji didampingi ibu. Saya sangat khawatir karena bapak dan ibu sudah sepuh,” kata pegantar asal Mojogedang, Joko Suseno (44) kepada KRJOGJA.com.

Joko berikut istri dan putra putrinya memeluk ayahandanya itu di luar gerbang kantor Setda Karanganyar. Air mata meleleh dari mata para pengantar, begitu pula dari para jemaah. Pengantar di luar ring 1 tidak diperkenankan memasuki lokasi pamitan haji di halaman kantor setda. Sehingga, Prapto dan istrinya memilih keluar untuk menemui keluarga besarnya. Mereka pun saling berpelukan dan memanjatkan doa agar pasangan sepuh itu berangkat, beribadah dan pulang dalam keadaan selamat serta mabrur. Mereka juga menitip didoakan di Tanah Suci. 

Meski di atas kursi rodanya, Prapto tampak bersemangat menyambut pelukan. Ia menderita stroke sejak tiga tahun silam. Pria ini mendaftar haji pada 2011.  

Sebanyak 561 CJH asal Karanganyar naik haji pada tahun ini. Mereka terbagi dua kloter, yakni kloter tiga sebanyak 334 jemaah sedangkan kloter empat sebanyak 223 jemaah. Mereka masuk ke asrama haji Donohudan, Boyolali pada Sabtu sore dan malam. Sedangkan penerbangannya dijadwalkan Minggu (7/7) pukul 17.00 WIB dan 19.00 WIB. 

Plh Kepala Kemenag Karanganyar, Wiharso meminta extra menjaga kesehatan. Sebab, mayoritas jemaah berusia lanjut.  “Perjalanannya cukup panjang. Harus pintar-pintar menjaga kesehatan. Jadi harus menyiapkan makan dan kesehatannya,” katanya.

Disebutnya, pamitan haji hanya diperkenankan di halaman kantor bupati. Para pengantar dilarang masuk ke asrama haji. 

Asisten II Sekda Bidang Ekbaangkesra, Siti Maesyaroch mengatakan kloter tiga sebanyak 334 CJH berangkat ke Donohudan dari kantor bupati. Sedangkan 55 CJH dari kantor Kecamatan Colomadu. 
“Terhitung selama sebulan, CJH berangkat pada Minggu besok dan pulang 18 Agustus,” katanya. (Lim)
 

 

 

BERITA REKOMENDASI