Menhan Gembleng Bela Negara Mahasiswa Baru UNS

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Mahasiswa baru Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo digembleng Bela Negara oleh Menteri Pertahanan RI Jenderal Purn Ryamizard Ryacudu di halaman depan Gedung Rektorat dr Prakosa, Selasa (13/8). Ia mengangkat tema  “Bela Negara Sebagai Penangkal Radikalisme.”

Materi tersebut dipandang sangat penting karena terakhir ini muncul kekhawatiran paham radikal sedang marak berkembang di lingkungan perguruan tinggi. Mahasiswa sebagai kader pemimpin masa depan harus dipersiapkan memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang kokoh.

"Dua puluh tahun mendatang mereka yang akan memimpin bangsa ini. Jadi mahasiswa harus dipersiapkan agar tidah mudah kena pengaruh yang akan merubah Pancasila," tandas Ryamizard. Konsep arsitektur pertahanan negara yang telah diamanatkan dalam UUD 1945 dan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2004 harus diperkuat dengan sikap bela negara dari setiap pribadi.

Ia mengingatkan ancamam terhadap ketahanan nasional, seperti terorisme tidak hanya menjadi tanggung jawab Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI), namun juga menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali generasi muda.

Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) UNS dibuka dengan kuliah umum Jenderal Purn Ryamizard Ryacudu. Selain itu juga diisi ceramah yang lain dari Kepala Badan Nasional Penganggulangan Terorisme (BNPT) Konjem Pol Drs Suhardi Alius MH. (Qom)

 

UNS

BERITA REKOMENDASI