Menpan RB Dorong Inovasi Layanan Publik

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mendorong Kantor Imigrasi memberikan pelayanan publik terbaik dan berinovasi. Termasuk memberi ketegasan permasalahan imigrasi bagi WNI maupun WNA.

“Kami harapkan fokus ke layanan skala prioritas. Bagaimana layanam warga asing saat pandemi, jangan sampai ada keluhan. Juga terkait izin tinggal. Bagaimana pengelolaan aduan masyarakat itu yang harus ditekankan. Visis misi pak presiden itu tentang keseriusan mengerjakan skala prioritas di reformasi birokrasi. Beliau inginkan peningkatan layanan masyarakat terbuka, efektif dan efisien. Kalauo bisa diselesaikan per menit ya perpenit. Kalau per hari ya per hari. Harus ada kepastian. Misalnya, apakah memungkinkan pembuatan paspor sehari?” kata Tjahjo dalam sambutannya.

Instansi tersebut juga didorong berinovasi untuk memangkas rantai birokrasi dalam menyukseskan zona integrasi. Bersama rombongan, Tjahjo meninjau berbagai layanan publik yang berada di Kanim Klas 1 A TPI Surakarta, antara lain pelayanan bagi kaum disabilitas, pembuatan paspor, dan fasilitas ruang laktasi. Dalam agenda di Soloraya, rombongan juga mengunjungi sejumlah kantor pelayanan publik.

Ia menyebut layanan pembuatan STNK di Satlantas idealnya bisa selesai dalam hitungan menit. Begitu pula penerbitan surat kelakuan baik di kantor polisi. Bagi pasien RSUD maupun RS swasta, kualitas pelayanan juga diminta prima.

BERITA REKOMENDASI