Mentas Miskin, 2.152 KPM Graduasi Mandiri

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sebanyak 2.152 Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPMPKH) di Kabupaten Karanganyar telah mengundurkan diri dari kepesertaan pada tahun 2020. Terjadi peningkatan 300 persen lebih dibanding tahun 2019 lalu sebanyak 700 peserta graduasi mandiri.

“Yang mengundurkan diri itu sebanyak 2.152 pada tahun ini. Kalau dihitung selama pandemi Covid-19 yang di mulai Maret, ada 1500-an peserta PKH yang mengundurkan diri,” ujar Koordinator PKH Kabupaten Karanganyar, Nurcholis, Selasa (29/12/2020).

Peserta PKH graduasi mandiri itu berasal dari KPMPKH tahun 2012, 2015 dan 2016. Dibanding tahun 2019, ada peningkatan lebih dari 300 persen. Tahun 2019 lalu, ada 500 sampai 700 peserta PKH yang mengundurkan diri dari kepesertaan. Pemerintah mendorong supaya lebih banyak warga mentas miskin yang keluar dari kepesertaan PKH.

Sementara itu pendataan ulang penerima PKH di Kabupaten Karanganyar mulai dilakukan. Pasalnya pandemi Covid-19 telah memengaruhi dan mengubah kondisi ekonomi mayarakat.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengakui pendataan ulang selaras dengan rencana Menteri Sosial Tri Rismaharini agar program ini tepat sasaran dan sesuai dengan kriteria yang berkeadilan dan tepat. Sejauh ini masih terdata 29 ribu keluarga penerima PKH.

“Dari dulu enggak ada update data dan pendataan ulang. Data itu harus diperhitungkan sebelum dan sesudah pandemi Covid-19. Yang masuk kriteria mampu siapa saja. Lalu yang terdampak siapa saja,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Peserta graduasi mandiri asal Desa Blorong, Jumantono, Ngatmi mengatakan ikhlas melepas bantuan dari pemerintah. Ia meyakini kondisi ekonomi dirinya lebih baik.

“Saya ini peserta PKH tahun 2012. Suami hanya buruh pangkul pakan ternak. Sekarang, kami hidup berkecukupan. Lalu melepas kepesertaan PKH,” kata wanita yang berharap menginspirasi penerima PKH lainnya.

Oleh pemerintah, para graduasi mandiri mendapat reward berupa piagam dan sarana berwirausaha. (Lim)

BERITA REKOMENDASI