Menuju Kompetisi Inovasi Program, OPD Diminta Tancap Gas

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Mengawali hari kerja pertama usai libur Lebaran, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diisyaratkan tancap gas menyiapkan inovasi program yang bakal dijagokan dalam kompetisi November mendatang. Tidak ada waktu lagi untuk menunda-nunda, sebab inovasi program tersebut, tak saja sekadar dipresentasikan saat kompetisi, tetapi juga diimplementasikan dalam aktivitas kerja sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Rahmat Sutomo, menjawab wartawan, di Balaikota, Senin (3/7), mengungkapkan, kompetisi inovasi program, tak sekadar untuk memacu kinerja OPD, tetapi juga menjadi bahan evaluasi. Dari hasil kompetisi tersebut, akan diketahui secara persis OPD yang miskin atau kaya inovasi program, sekaligus mengimplementasikan dalam kerja harian.

"Memang ada semacam paksaan kepada pimpinan OPD untuk melakukan inovasi program, agar mereka tak terjebak dalam program rutin yang selalau monoton dari tahun- ke tahun," ujarnya sembari menyebut, bahkan dalam kompetisi tersebut, Pemkot Solo menggandeng Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Di sisi lain, Sekretaris Daerah (Sekda), Budi Yulistyanto, menyebutkan, selain menggelar kompetisi inovasi program, saat ini Pemkot Solo juga tengah menyiapkan evaluasi kinerja ASN. Evaluasi terhadap kinerja ASN sebenarnya sudah dilakukan sejak dulu, hanya saja, kali ini dilakukan secara sistematik dan berjenjang, sehingga membuahkan hasil benar-benar akurat. (Hut)

BERITA REKOMENDASI