Meriah, Lomba Beregu Serba Air Semarak Kemerdekaan

KARANGANYAR, KRJOGJA.com-  Berbagai lomba beregu di kolam renang Intanpari cukup banyak menguras energi para peserta, Jumat (9/8). Satu diantaranya, panjat pinang di pipa paralon setinggi enam meter yang menjulang dari dasar air kolam.

“Jika dibandingkan panjat pinang di lapangan bola, ini jauh lebih sukar. Satu regu empat orang. Satu orang tumpuan harus stabil di dasar kolam. Sedangkan tiga lainnya memanjat. Selain tantangan berat memanjat pinang sendiri, juga gangguan dari regu lain. Mereka menyemprot air ke kami,” kata Heru Widiyanto, salah satu peserta.

Pria yang menjabat Kasubbag Non Revenue Water (NRW) PUADM Tirta Lawu ini mengatakan, regunya berhasil memperoleh dispenser dan termos. Kupon hadiah digantung di bagian puncak pipa paralon yang dipanjatnya. Tak sedikit peserta berjatuhan ke kolam renang, namun kembali bangkit dan memanjat.

Setelah selesai panjat pinang, lomba beralih ke adu cepat menuju finis dengan memakai bakiak. Lagi-lagi, lapangannya kolam renang. Tiap partai diikuti dua regu. Di dasar kolam, bakiak dari kayu itu terlihat sukar digerakkan pemain, apalagi harus mengikuti komando pimpinan regu. 

"Dua kali lebih sukar dibanding lomba di lapangan biasa. Ini merupakan tahun ketiga digelar di kolam renang Intanpari untuk merayakan HUT kemerdekaan RI. Tiap tahun konsepnya berbeda," kata Direktur PUADM Tirta Lawu, Prihanto kepada wartawan seraya mengatakan lomba itu rangkaian event menyambut HUT ke-74 kemerdekaan RI. 

Masih ada dua lagi permainan yang dilombakan, yakni bertarung guling dan tarik tambang. Pada perang guling, dua regu bersenjata guling saling berhadapan. Kemenangan dihitung dari jumlah lawan yang ditumbangkan. Sedangkan lomba tarik tambang, dua regu beradu kuat menarik lawan di atas ban. 

"Total peserta 150 orang. Karyawan PUADM yang enggak piket, serta keluarga. Sangat meriah. Sambil melihat para suaminya berlomba, istri-istri juga lomba kreasi menu makanan di tepi kolam," katanya. 

Prihanto mengatakan, para peserta berkesempatan membawa pulang doorprize undian. Sedangkan hadiah lomba akan dibagikan saat upacara bendera 17 Agustus mendatang di halaman PUADM Tirta Lawu. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI