Minat Tetap Tinggi, Daftar Tunggu Keberangkatan Haji di Sukoharjo 30 Tahun

Editor: Ary B Prass

SUKOHARJO, KRjogja.com– Penundaan pemberangkatan haji dalam dua tahun terakhir terhitung 2020-2021 dampak dari pandemi virus corona membuat panjang daftar tunggu keberangkatan haji di Kabupaten Sukoharjo selama 30 tahun. Sebab banyaknya jumlah pendaftar karena tingginya minat berangkat haji tidak sebanding dengan kuota pemberangkatan. Terlebih lagi sudah dua tahun tidak ada pemberangkatan haji sesuai kebijakan pemerintah pusat.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo Ihsan Muhadi, Kamis (17/6/2021) mengatakan, kondisi yang dialami sekarang terlihat minat masyarakat mendaftarkan diri untuk menunaikan ibadah haji setiap tahun terus meningkat. Hal itu dilihat dalam beberapa tahun terakhir dimana jumlah pendaftar terus bertambah dan berdampak pada semakin panjang daftar tunggu keberangkatan haji. Apabila pada setahun lalu daftar tunggu keberangkatan haji pada kisaran 20 tahun maka sekarang bertambah lama menjadi 30 tahun.

Semakin banyaknya jumlah pendaftar dan berdampak pada bertambah lama daftar tunggu keberangkatan tidak diimbangi dengan penambahan kuota secara besar pemberangkatan dari pemerintah pusat. Kalaupun ada penambahan kuota belum mampu memenuhi kebutuhan untuk memperpendek daftar tunggu keberangkatan haji.

Daftar tunggu keberangkatan haji semakin bertambah lama setelah ada pandemi virus Corona. Sebab serangan virus Corona tersebut berdampak pada penundaan pemberangkatan haji terhitung tahun 2020 dan 2021. Calon jamaah haji yang sudah dipersiapkan terpaksa menunda hingga tahun depan sambil menunggu perkembangan kebijakan lanjutan dari pemerintah pusat.

“Daftar tunggu keberangkatan haji di Kabupaten Sukoharjo selama 30 tahun. Penundaan pemberangkatan haji dalam dua tahun terakhir dampak pandemi virus Corona ikut berpengaruh. Disisi lain, minat masyarakat mendaftarkan diri menunaikan ibadah haji juga semakin tinggi,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI