Mobil Rental Dipakai Tebus Gadai

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Polisi mengamankan tersangka pelaku penggelapan mobil berinisial DW (34). Pria asal Jebres, Kota Solo itu berlaku curang dengan memakai mobil rental untuk menebus mobil yang digadaikannya.

“Jadi, DW menyewa mobil rental. Kemudian mobil itu diserahkan ke seseorang untuk menebus atau mengganti mobil yang sudah digadaikannya. Ini kan namanya perbuatan melanggar hukum. Pemilik mobil rental melaporkan DW ke polisi dengan tuduhan penggelapan,” kata Kasatreskrim Polres Karanganyar, AKP Tegar Satrio Wicaksono, Rabu (03/02/2021).

Perkara ini bermula saat Dewi, warga Desa Wonosari, Tasikmadu kedatangan DW dan dua orang bernama Amin dan Sutarman pada Minggu (27/08/2020). Tamunya itu bermaksud menyewa mobil Toyota Calya nopol AD 9213 UP.

Sewa mobil bercat putih itu disepakati Rp300 ribu per hari, setelah mobil itu diserahkan ke DW, pria itu tidak malah segera mengembalikan setelah selesai dipakai. Namun menyerahkannya ke saudara Sutarman.

DW bermaksud menukarnya dengan mobil miliknya yang digadaikan ke Sutarman. Sutarman yang menerima uang penukaran dari DW Rp 2 juta, setuju dengan penukaran itu.

“Dewi kelimpungan mobilnya tak segera dikembalikan. DW juga sulit dihubungi. Akhirnya dia lapor polisi pada 8 Januari lalu. Kami pun segera mencari keberadaan DW yang seakan menghilang dari tanggung jawab,” katanya.

Tim Opsnal Polres Karanganyar mendapat informasi DW sedang berada di daerah Jebres. Selanjutnya Tim Opsnal melaksanakan koordinasi dengan anggota Reskrim Polsek Jebres guna memudahkan menangkapnya.

“Setelah mapping selama setengah jam, akhirnya tim Resmob berhasil mengamankan tersangka di dalam rumahnya. Kemudian tim Opsnal membawa dan mengamankan tersangka ke kantor Sat Reskrim Polres Karanganyar untuk dimintai keterangan lebih lanjut,’’ kata Kasatreskrim. (Lim)

BERITA REKOMENDASI