Moeldoko dan Puspo Wardoyo Berangkatkan Truk Pengangkut Makanan Siap Saji untuk Pengungsi Erupsi Semeru

SOLO, KRJOGJA.com – Ditandai dengan ditekannya tombol bunyi sirine, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal (Purn) Dr Moeldoko bersama owner dan founder MakanKu H Puspo Wardoyo melepas sejumlah truk yang mengangkut bantuan sebanyak 5.000 makanan siap saji untuk pengungsi korban erupsi gunung Semeru di halaman pabrik MakanKu, Surakarta, Selasa (7/12/2021).

“Agar lebih efektif membantu kebutuhan pangan pengungsi erupsi gunung Semeru, nantinya truk akan di sulap menjadi dapur umum berjalan (mobile). Makanan siap saji bisa dihidangkan segera tanpa kompor hanya dengan pemanas yang ada di box Makan Ku sehingga lebih praktis dan menjangkau lokasi pengungsian di kawasan Lumajang, Jawa Timur,” papar Puspo Wardoyo.

Sementara Dr Moeldoko menyatakan produk MakanKu yang siap saji juga cocok untuk memenuhi kebutuhan para jemaah umroh maupun jemaah haji. “Saya sudah meninjau langsung pabrik MakanKu di Surakarta yang modern, higienes. Saya perhitungkan kalau kebutuhan pangan jemaah haji dan umroh Indonesia ditangani anak bangsa sendiri seperti MakanKu. Bakal ada nilai manfaat diterima petani Indonesia,” ujar Moeldoko sembari mengestimasi bakal ada ribuan ton produk petani seperti cabe, beras, bawang dan lain-lain yang diproses untuk menyiapkan ketahanan pangan bagi jemaah haji dan umroh asal Indonesia.

Moeldoko menilai jangan sampai jemaah haji dan umroh Indonesia sangat banyak jumlahnya. Namun  kebutuhan jamaah haji dan Umroh malah dikelola negara lain. Itu kurang pas. Maka HKTI bekerja sama dengan MakanKu agar bisa mencukupi kebutuhan pangan jemaah haji dan umroh. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI