Momentum Hari Santri, Dewan Inisiatif Rancang Perda Ponpes

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – DPRD Kabupaten Karanganyar berinisiatif menyusun rancangan perda pondok pesantren. Pengesahan dan mengundangkan perda itu ditarget tahun depan.

Wakil Ketua DPRD Karanganyar Toni Hatmoko mengatakan regulasi tentang ponpes merupakan usulan dari Fraksi PKB. Materi di dalamnya dinilai urgen diundangkan dalam mengatur, melindungi dan menata kelola pondok pesantren tanpa memasung aktivitas di dalamnya. Ribuan santri di sejumlah ponpes belajar tingkat ibtidaiyah, tsanawiyah dan aliyah. Perda nantinya juga akan mengakomodasi penyetaraan pendidikan formal di pondok pesantren. Dalam merumuskan naskah akademik, tim melandasinya dengan PP No 82 tahun 2021 tentang Proses Pengelolaan Manajemen Ponpes.

“Selama ini ponpes selalu tersingkirkan di sisi pendidikan formal. Dengan kekuatan hukum ini semoga pendidikan di ponpes setara dengan pendidikan formal. Ini sudah masuk di Bapemperda, nanti akan kita prioritaskan untuk dibahas di tahun 2022. Berbarengan dengan raperda antisipasi merebaknya gelandangan dan fakir miskin. Keduanya inisiatif dari DPRD,” katanya, Minggu (24/10/2021).

Menurutnya Perda Ponpes itu sesuatu dibutuhkan manajemen pondok pesantren. Kontribusi ke lingkungan serta payung hukumnya menjadi sarana menjalankan aktivitas sosial.

“Apalagi di Jawa Tengah sudah ada beberapa kabupaten yang mengesahkan Perda Ponpes,” tukasnya.

BERITA REKOMENDASI