Monpers Cagar Budaya Mengadopsi Teknologi Modern

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate mengatakan Monumen Pers (Monpers) Nasional di Kota Solo harus mampu menjelma sebagai cagar budaya yang memberi kesan luar biasa (monumental). Monpers adalah representasi bagi sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Dari gedung di Jalan Gajah Mada, Solo ini muncul ide dan gagasan pers, mendukung perjuangan, muncul awalnya penyiaran.

“Sehingga revitalisasi, pemugaran, cagar budaya gedung ini secara komprehensip, bukan tambal sulam perlu dilakukan,” ujar Menkominfo Johnny Gerard Plate ketika berkunjung ke Monumen Pers (Monpers) Nasional di Jalan Gajah Mada, Solo, Kamis (01/04/2021).

Menurut Johnny Gerard Plate gedung Monpers ini menjadi saksi sejarah perjuangan anak bangsa dalam merebut kemerdekaan. “Setiap tetes keringat anak bangsa yang berjuang tercatat dalam setiap sudut ruangan Monpers. Kemudian, setiap gagasan yang tercipta dalam wujud perlawanan kepada penjajah diutarakan oleh para pendiri yang berprofesi sebagai penyiar kala itu,” papar Menkominfo.

Dari gedung Monpers muncul ide dan gagasan untuk melawan penjajahan pada jaman perjuangan melalui medium penyiaran radio. Begitu besarnya nilai sejarah gedung ini, maka sudah seharusnya cagar budaya di Surakarta ini harus mendapatkan perhatian khusus.

Terjaganya koleksi di Monpers akan membuat nilai-nilai perjuangan dapat terus di gaungkan kepada generasi penerus bangsa selanjutnya. Dengan cara itu, nilai tersebut dapat terus dibagikan kepada seluruh masyarakat.

“Revitalisasi gedung monpers perlu dilakukan untuk mengawal, menjaga riwayat perjalanan bangsa, riwayat perjalanan penyiaran dan riwayat perjalanan pers nasional kita,” katanya.

Atas dasar pertimbangkan di atas, Menkominfo sepakat akan mendukung penuh pemugaran secara masif cagar budaya milik Kominfo tersebut. Setiap sudut akan dilakukan pemugaran dengan merujuk konsep teknologi modern. “Kalau perlu dilakukan dengan pembanding yang dilakukan oleh bangsa-bangsa lain,” tuturnya.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta, Anas Syahirul menyambut baik rencan Menkominfo Johnny G Plate untuk melakukan revitalisasi Monumen Pers Nasional (MPN) secara menyeluruh. Dikatakan Anas, revitalisasi MPN ini sebenarnya sudah dimulai sejak 2019 lalu tapi sifatnya hanya tambal sulam dalam upaya memperbaiki dan mempercantik yang rusak. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI