Muhammadiyah Gelar Vaksin Lintas Agama

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 dengan menyasar pemeluk lintas agama di RS PKU, Senin (9/8).

Ketua PDM Karanganyar, Muh Syamsuri mengatakan 2.500 dosis vaksin Covid-19 disalurkan melalui RS PKU Muhammadiyah sedangkan 2.500 lagi melalui jejaring lintas agama dan ormas. Bantuan vaksin jenis Sinovac ini direstui Muhammadiyah Covid-19 Command Center dan Kemenkes RI. Dalam pelaksanaannya, didukung Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) dan LazizMU.

“Sejak merebaknya wabah Covid-19, PDM dengan PKU Muhammadiyah telah melakukan berbagai program bakti sosial. Kali ini vaksinasi 5.000 dosis. Juga dalam rangka Milad ke-32 RS PKU Muhammadiyah Karanganyar,” katanya dalam sambutan di halaman Gedung Al Madinah RS PKU Muhammadiyah Karanganyar.

Vaksinasi tersebut dimulai Senin-Jumat (9-13/8) dengan menghadirkan warga sasaran sesuai penjadwalan. Rata-rata 500 dosis disuntikkan selama lima hari tersebut. Adapun organisasi lintas agama yang mengikuti vaksinasi antara lain Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) dan Perwalian Buddha Indonesia (Walubi).

Lebih lanjut Syamsuri mengatakan pandemi Covid-19 merupakan masalah bangsa, alias bukan tanggung jawab semata-mata pemerintah. PDM mengajak NU, LDII, MTA dan organisasi non muslim untuk bersama mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan (prokes).

Sekretaris PDM Karanganyar, Sarilan M Ali mengatakan 2.500 dosis vaksin yang dibuka pendaftarannya di RS PKU habis dipesan dalam waktu singkat. “Kita buka pendaftaran di RS PKU dan melalui koordinator komunitas. Yang di RS PKU kemarin, pendaftaran dibukan belum sampai 5 menit sudah habis dipesan,” katanya.

BERITA REKOMENDASI