Mulai Hari Ini Bandara Adi Soemarmo Hentikan Sementara 60 Penerbangan

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – Otoritas Bandara Adi Soemarmo untuk sementara menghentikan 60 jalur penerbangan dari dan ke Bandara Adi Soemarmo mulai Jumat (24/04/2020) hingga Minggu (31/04/2020). Penghentian ini menindaklanjuti peraturan pemerintah dalam upaya untuk mencegah penyebaran Virus Corona di tanah air.

“Sesuai peraturan pemerintah bahwa larangan sementara penggunaan transportasi udara berlaku mulai Jumat 24 April 2020. Namun untuk hari Jumat 24 April 2020 masih diijinkan beroperasi mengingat penumpang yang melakukan reservasi sudah dilakukan lama, supaya operator penerbangan bisa memberikan kewajibannya kepada penumpang,” jelas General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, Jumat (24/04/2020).

Abdullah Usman menambahkan tidak beroperasionalnya sementara penerbangan komersial untuk penumpang dilakukan sesuai dengan peraturan Menteri Perhubungan RI nomor 25 tahun 2020 tentang pengendalian transportasi selama musim mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kementerian Perhubungan menyatakan bahwa penerbangan penumpang domestik masih akan diizinkan beroperasi sampai pada hari Jumat (24/04/2020). Larangan sementara penerbangan dilaksanakan sampai tanggal 31 Mei 2020 dan akan diperpanjang jika diperlukan,” ujarnya.

Abdullah Usman menandaskan pihaknya akan terus menjaga keadaan tetap aman dan kondusif pada saat penumpang melakukan reroute, refund maupun reschedule. “Sementara untuk angkutan kargo dan penerbangan khusus masih akan tetap dilayani oleh bandara Adi Soemarmo” paparnya.

Larangan penerbangan di Bandara Adi Soemarmo berdampak pada enam operator penerbangan yang melayani penumpang di Bandara Adi Soemarmo untuk penerbangan domestik diantaranya Batik Air, Nam Air, Lion Air, Citilink dan Garuda. Sementara maskapai penerbangan rute internasional di Bandara Internasional Adi Soemarmo yang dihentikan sementara operasionalnya yakni Malaysia Airline. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI