Mulai Kerja Kantor, ASN Dilarang Dinas Luar Daerah

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Aparatur Sipil Negara (ASN), pejabat dan anggota DPRD Sukoharjo sementara waktu masih dilarang pergi dinas keluar daerah. Larangan diberlakukan mengingat kondisi pandemi virus corona belum berakhir. Terlebih lagi Pemkab Sukoharjo masih menerapkan status kejadian luar biasa (KLB) virus corona hingga 31 Juli.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo Agus Santosa, Selasa (9/6) mengatakan, Pemkab Sukoharjo sudah menerapkan new normal dengan meminta ASN mulai bekerja kembali di kantor terhitung Jumat (5/6). Sebelumnya para ASN bekerja di rumah dalam kondisi pandemi virus corona. Meski begitu, ASN masih dilarang pergi keluar daerah termasuk kedinasan.

“ASN dilarang pergi keluar daerah termasuk kedinasan. Kecuali memang ASN itu rumahnya diluar Sukoharjo. Tapi dengan catatan apabila masuk zona merah maka ada pengawasan ketat dari masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan melibatkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona. Pengecualian lain karena terkait penanganan virus corona ASN diperbolehkan misal mengantar rujukan atau pasien ke rumah sakit ke luar daerah,” ujarnya.

Pemkab Sukoharjo sudah meminta pada masing masing pimpinan OPD untuk melakukan pengawasan ketat terhadap pegawai atau ASN. Termasuk diantaranya menerapkan protokol kesehatan dilingkungan kerja.

“Jangan disepelekan protokol kesehatan, misal aturan memakai masker tetap wajib ditaati ASN. Kembali bekerja di kantor melayani masyarakat dan melaksanakan tugas. Setelah ini para ASN akan menjalani rapid test dan sedang dijadwalkan gugus tugas,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI