Musim Kemarau Lebih Dari Setahun?, Cuma Hoax

SOLO (KRjogja.com)- Sampai saat ini belum ada informasi tentang musim yang bisa memprediksikan musim kemarau sampai lebih dari 1 tahun. Karena itu Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada masyarakat tidak terpengaruh dengan informasi tersebut.

"BMKG tidak pernah menyampaikan serta menyebarluaskan informasi tersebut. Berita itu hanya hoax/isu yang tak bisa dipertanggungjawabkan," jelas Hary Tirto Djatmiko, Kepala Humas BMKG saat mendampingi Kepala BMKG Dr Andi Eka Saktya pada International Conference on Climate Change (ICCC) di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Rabu (30/11/2016).

Pernyataan di atas disampaikan Hary karena beredar berita meresahkan yang menyebutkan Badan Meteorologi dan Geofisika menyatakan bahwa akan terjadi kemarau panjang yang akan melanda dunia. Diperkirakan kemarau panjang akan dimulai 2019 hingga 2022. Cadangan air dunia saat ini hanya tersisa 3 persen saja.

"Kalau mencermati berita yang beredar itu sebenarnya sudah terlihat tidak benar karena menyebutkan Badan Meteorologi dan Geofisika. Karena sekarang sudah berubah menjadi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," tandas Hary kepada wartawan.

Selanjutnya ia meminta masyarakat yang ingin memperoleh informasi terkini dan lebih lanjut, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam dapat menghubungi melalui :call center 021-6546318 ; http://www.bmkg.go.id ; follow @infobmkg, playstore: info BMKG; atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (Qom)

BERITA REKOMENDASI