Nasib Bumiputera, Ini Kata OJK

SOLO, KRJOGJA.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mrminta seluruh pemegang polis AJB Bumiputera tetap tenang sambil menunggu proses restrukturisasi yang dilakukan  pihak manajemen perusahaan asuransi. Karena dari segi bisnis dan pendanaan masih berjalan.

"Jadi nasabah tidak perlu khawatir dan tetap tenang.  Bumiputera akan punya solusi supaya ke depan kepentingan nasabah tetap terlindungi," jelas Ketua Dewan Komisioner OJK  Prof Dr Wimboh Santosa saat ditemui di UNS Inn.

OJK sudah melakukan upaya terbaik untuk menyehatkan kembali Bumiputera. Langkah yang ditempuh diantaranya melakukan unwind terhadap 193 sertifikat tanah milik Bumiputera. Ini merupakan langkah yang secara luar biasa harus ditempuh OJK karena pada proses restrukturisasi yang dilakukan sebelumnya tidak berlanjut.

Menurut Wimboh tanah yang dijual oleh Bumiputera tidak kembali dalam bentuk fresh money melainkan diberikan dalam bentuk utang. Dengan kondisi tersebut OJK lantas turun tangan melakukan  unwind terhadap aset dan properti Bumiputera.

Dijelaskan,  salah satu upaya penyehatan Bumiputera adalah memperbaiki struktur kelembagaan berikut aturan pelaksanaan,  perbaikan manajemen dan sumber daya manusia. Saat ini pengawasan Bumiputera berada di tangan OJK, di mana tengah dilakukan restrukturisasi terkait manajemen.

Dia menambahkan saat ini Bumiputera sedang membentuk manajemen baru, setelah manajemen sebelumnya dinonaktifkan oleh badan perwakilan anggota (BPA).(Qom)
  

BERITA REKOMENDASI