Natal Berlangsung Aman, Polisi Masih Jaga Ketat Gereja

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Perayaan Natal di Sukoharjo berlangsung aman dan kondusif. Kekhawatiran berbagai kerawanan tidak terbukti setelah petugas melakukan penjagaan ketat disemua gereja dan pusat kegiatan natal lainnya.

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Senin (25/12) mengatakan, tidak ditemukan kejadian tindak kriminal menonjol baik sebelum maupun saat perayaan Natal di Sukoharjo. Semua kegiatan berlangsung aman dan kondisi di Sukoharjo kondusif. 

Pengamanan ketat yang dilakukan oleh Polres Sukoharjo bersama dengan petugas dari tim gabungan lainnya menjadi jaminan bagi masyarakat. Lancarnya kegiatan dan amannya kondisi daerah membuat lega polisi.

“Petugas dari tim gabungan beserta masyarakat saling gotong royong melakukan pengamanan bersama. Natal di Sukoharjo aman dan kondusif. Tidak ada kejadian tindak kriminal menonjol,” ujar AKBP Iwan Saktiadi.

Kapolres menegaskan, tidak ditemukan kendala besar dalam proses pengamanan Natal. Kalaupun ada sifatnya hanya situasional saja seperti kemacetan dampak dari banyaknya kendaraan yang melintas.
“Ada gereja yang posisnya berada di tepi jalan raya dan kondisinya ramai. Ditambah lagi banyak kendaraan pemudik masuk ke Sukoharjo karena libur. Tapi situasi itu sudah bisa dikendalikan petugas dari Satlantas Polres Sukoharjo dan tidak sampai menyebabkan kemacetan,” lanjutnya.
Meski aman namun Polres Sukoharjo tetap akan melakukan pengamanan Natal. Sebab masih ada sejumlah kegiatan lainnya akan digelar di gereja.

“Polisi dan petugas lainnya tetap berjaga. Saat bertugas juga dilengkapi dengan perlengkapan standar seperti senjata api dan rompi anti peluru,” lanjutnya.

Polres Sukoharjo untuk mengamankan kegiatan Natal dan Tahun Baru 2018 sudah menyiapkan empat Pos Pengamanan. Lokasinya berada di Pospam Proliman Sukoharjo Kota, Pospam Pandawa Solo Baru Grogol, Pospam Goro Assalam Kartasura, Pospam Terminal Lama Kartasura.

Dalam pengamanan tersebut polisi dilengkapi dengan senjata laras panjang dan rompi anti peluru. Kelengkapan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya tindak kriminal termasuk ancaman teroris.
Tim gabungan siap melakukan pengamanan penuh selama 24 jam penuh baik di Pospam maupun patroli lapangan. Khusus untuk di gereja pengamanan juga dilakukan dengan melibatkan satuan keamanan setempat.

Dewan Harian Gereja Hati Kudus Sukoharjo Sarwidi mengatakan, kegiatan perayaan Natal berlangsung aman. Situasi kondusif setelah banyak petugas dari tim gabungan melakukan pengamanan. “Natal aman dan tidak ada ancaman apapun. Kami sangat berterimakasih dengan kehadiran para aparat untuk membantu pengamanan sehingga membuat masyarakat dan jemaat di gereja tenang saat beribadah,” ujarnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI