Nomor HP Bupati Karanganyar Dibajak, Pelaku Minta Transfer Uang

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Nomor HP Bupati Karanganyar Juliyatmono disalahgunakan orang tak dikenal. Melalui pesan instan whatsapp, pelaku meminta korban yang notabene para pejabat dan mitra pemerintah kabupaten Karanganyar, untuk mengirim uang via transfer rekening bank.

“Pada Selasa sore kemarin, saya di WA oleh politisi Partai Golkar. Beliau juga ketua komisi di DPR RI inisial D. Tanpa merasa janggal, saya sempat berkomunikasi lewat chatting. Apalagi ada gambar wajahnya di DP. Ia berniat ingin membuat grub WA terkait upaya pencegahan Covid-19 dengan anggota para kepala daerah. Ia meminta saya mengirim kode registrasi WA yang masuk di SMS. Alasannya, itu untuk membuat grub WA pencegahan Covid-19 yang diisi oleh para pejabat daerah. Sudah saya kirim, tapi katanya kodenya salah. Lalu saya kirim lagi,” kata Bupati Karanganyar Juliyatmono.

Setelah mengirimkan nomor, ia tak bisa lagi mengirim atau menerima pesan WA. Ia tambah kaget karena mendapat laporan nomor tersebut meminta pengiriman uang via transfer rekening bank ke orang-orang di daftar kontak teleponnya. Saat itu juga, Juliyatmono memasang peringatan melalui akun facebook miliknya berisi bahwa nomor ponselnya 08122689329 dibajak orang tak dikenal. Selain itu, ia meminta jangan menanggapi permintaan pelaku yang mengatasnamakan dirinya apalabi meminta duit.

Kepala Dinas Kominfo Karanganyar, Sujarno mengatakan peringatan itu langsung ditindaklanjuti dengan memperingatkan jajarannya.

“Langsung kami infokan ke groub WA OPD, kades, camat, forkopimda hingga lurah dan komunitas bahwa nomor HP pak bupati dibajak. Jangan terjebak pelaku,” katanya.

BERITA REKOMENDASI