NPC Indonesia Gelar Kejurnas 5 Cabor di Solo

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – National Paralympic Committee (NPC) Indonesia selama tiga hari, mulai Kamis (13/12), menggelar Kejuaraan Nasional untuk 5 cabang olahraga : goal ball, lawn ball, volly duduk ,panahan dan bulu tangkis. Kejurnas yang diikuti 156 atlet dipersiapkan untuk memperkuat kontingen Indonesia pada Asean Paragames Filipina 2019.

Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun menjelaskan 156 atlet dan 82 ofisial berasal dari 17 provinsi. Mereka akan bersaing berebut tiket ke Filipina. "Peserta yang merebut juara tidak otomatis lolos. Tapi harus mampu mencapai limit yang ditentukan," kata Senny yang didampingi Heri Isranto, Humas NPC, Rabu (12/12).

NPC berencana mengikuti 15 dari sekitar 22 cabang yang diinginkan tuan rumah. Sementara 10 cabang lain yang dimiliki NPC sudah mapan. Karena itu untuk 5 cabang olahraga perlu dilakukan seleksi melalui Kejurnas. Selain untuk merekrut atlet Asean Paragames, sekaligus menjaring atlet muda.

"Bagi atlet berprestasi yang masih duduk di SMP maupun SMA akan kami bina melalui Sekolah Khusus Olahraga (SKO)," tutur Senny.  Di Solo sudah disiapkan SKO khusus Difabel untuk menampung para atlet dari seluruh daerah. SKO dalam waktu dekar akan diresmikan Menpora Imam Nahrawi.

Pemusatan latihan Asean Paragames 2019 tetap akan digelar di Solo. Senny berharap bisa memberangkatkan 250 atlet untuk mempertahankan gelar juara. Dan TC bisa dimulai Januari atau Februari. "Kami belum tahu akan disetujui berapa kekuatan kontengen Indonesia. Kami ingin 250 atler untuk mempertahankan juara di Filipina."

Senny menyambut gembira respon daerah yang mengirimkan atlet di Kejurnas 5 cabang olahraga. Itu akan membantu NPC dalam mencari bibit unggul masa depan.-(Qom)

 

BERITA REKOMENDASI