Obwis Gajahmungkur Tunggu Respon BKSDA

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Orang utan Kalimantan (Pingin pygmaeus) koleksi objek wisata Waduk Gajahmungkur (WGM) Wonogiri, Minggu (21/01/2017), masih ramai menjadi tontotan pengunjung. 

Kepala UPT WGM Pardiyanto SSos MSi menuturkan pihaknya sudah melaporkan kasus yang  menimpa saksi korban Tono (56) yang mengalami luka serius menyusul amukan orang utan si Jacko itu kepada Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah. "Keputusannya nanti seperti apa kami  hanya bisa menunggu, apakah mau diambil kesana atau tidak," papar Pardiyanto, Minggu.

Menurut dia, kondisi korban Tono yang luka-luka di tangan kanan akibat amukan orang utan berumur 16 tahun dan berada di Obwis WGM dua tahun terakhir  itu sudah membaik. Diharapkan Pardiyanto, Senin (22/1) ini saksi korban sudah diperbolehkan pulang."Karena ada informasi si Jacko itu ngamuk karena sedang birahi, kami sudah setuju jika BKSDA Jateng mengusahakan orang utan betinanya," katanya.

Dari pantauan di taman satwa WGM, orang utan Kalimantan dengan bobot sekitat satu kuintal itu kemarin nampak jinak lagi, tidak ada tanda-tanda beringas atau pemarah. Bahkan, ketika diberi  umpan pakan kacang serta minuman teh botol oleh Kepala  UPT WGM Pardiyanto, orang utan jantan nampak sebagai binatang penurut. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI