Obyek Wisata Gua Mangkubumi di Sragen Dipercantik

Editor: Agus Sigit

SRAGEN, KRJOGJA.com – Sebanyak 15 pedagang kuliner dan pelaku UMKM di kawasan desa wisata Gua Mangkubumi di Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen mendapat bantuan gerobak dari Bank Jateng Sragen, Kamis (30/12/2021). Kawasan Gua Mangkubumi juga mendapat kucuran bantuan penataan dan pavingisasi dari Ketua DPRD Sragen, Suparno.

Upaya mempercantik kawasan wisata ini diketahui dalam peresmian bantuan yang digelar di lokasi obyek wisata Gua Mangkubumi yang digelar Kamis pagi. Bantuan 15 gerobak senilai masing-masing Rp 2 juta itu diserahkan secara simbolis oleh Ketua DPRD Suparno bersama Pimpinan Bank Jateng Sragen, Retno Tri Wulandari.

Ketua DPRD, Suparno mengatakan bantuan penataan dan pavingisasi itu diberikan secara pribadi termasuk suplai material mulai dari semen, pasir, koral dan kelengkapan lainnya. Pengerjaan nantinya dilakukan secara bergotong-royong. Bantuan itu diharapkan makin memperindah keberadaan Gua Mangkubumi yang saat ini menjadi ikon wisata sejarah di Gebang Masaran.

Termasuk ke depan ada lay out beberapa pengembangan fasilitas seperti wisata air, fasilitas renang, flying fox, turnamen-turnamen dan wahana pelengkap lainnya. “Mungkin tidak cukup dalam satu tahun karena anggaran adalah gotong-royong. Ini adalah rancangan saya. Karena goa Mangkubumi ini adalah tempat bersejarah yang tidak bisa dipungkiri yang tidak bisa dilupakan. Ini tonggak sejarah berdirinya Sukowati dan titik nolnya Eyang Mangkubumi sehingga Sragen bisa berditi, makanya wajib diuri-uri,” terang Suparno.

Pimpinan Bank Jateng Cabang Sragen, Retno Tri Wulandari menyampaikan 15 unit gerobak itu diberikan sebagai wujud dukungan Bank Jateng sebagai bank pembangunan daerah terhadap program pemerintah dan kebutuhan masyarakat. Gerobak itu dibangunkan dalam rangka mendukung operasional pedagang dan pelaku UMKM di Desa wisata Gua Mangkubumi Gebang Masaran yang selama ini belum memiliki fasilitas berjualan yang representatif. “Selama ini mereka berjualan di rumah- rumah sehingga memerlukan gerobak untuk mensentralisasi dagangannya. Harapan kami ini menjadi stimulus bagi pelaku UMKM agar mereka bisa meningkatkan produktivitas sehingga ekonomi bisa diberdayakan menuju kemandirian,” jelasnya.

Kades Gebang, Jumanto mengatakan atas nama warga dan Pemdes Gebang menyampaikan terimakasih atas kepedulian Bank Jateng dan Ketua DPRD melalui bantuan gerobak dan fasilitas paving itu. “Mudah- mudahan dengan bantuan ini membawa dampak positif khususnya perekonomian masyarakat desa khususnya di Gebang. Ke depannya kami berharap uluran tangan dari pemerintah dengan bantuan akan merenovasi destinasi wisata di Desa Gebang agar sekali lagi bisa membawa dampak dan mengangkat ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Jumanto menyampaikan sejak dilaunching dua bulan lalu, perkembangan Desa Wisata Gua Mangkubumi cukup menggembirakan. Selama dibuka tiap sepekan sekali di hari Minggu, saat ini jumlah pengunjung mencapai 200an orang sekali buka. Obyek wisata Gua Mangkubumi saat ini menjadi primadona baru lantaran menjadi lokasi wisata sejarah yang ada di Bumi Sukowati. Bahkan selain dipaving, gerbang masuk kini main dipercantik dengan hiasan ornamen payung warna warni. (Sam)

BERITA REKOMENDASI