Orang Kaya dan Binaan Perbankan Ikut Daftar Bantuan UMKM Rp2,4 Juta

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Karanganyar menyerahkan proses verifikasi calon penerima hibah bantuan UMKM ke pemerintah pusat. Sebab, banyak ditemukan pemohon tidak memenuhi syarat. Satu diantaranya, memiliki rekening Rp62 juta.

“Syaratnya sudah jelas. Isi saldo rekening pemohon maksimal Rp2 juta. Ini malah sampai Rp62 juta. Bantuan dari pusat ini tertuju pelaku usaha mikro dan ultra mikro. Kalau isi renening sebanyak itu tidak masuk persyaratan,” kata Kasi Pengembangan UKM Dinas Perdagangan Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Karanganyar, Susilo kepada wartawan di kantornya, Rabu (12/8).

Pemohon itu memasukkan berkas pengajuannya ke petugas penerimaan dokumen persyaratan pada Selasa (11/8). Petugas yang bertugas memeriksa kemudian mengisi checklist. Saat memeriksa cetakan buku rekening, mereka terperanjat mendapati angka saldo Rp62 juta. Meski sudah diberi pengertian bahwa tak memenuhi syarat, namun pemohon itu ngotot.

Secara normatif, pihaknya hanya memfasilitasi pengumpulan berkas. Nantinya, verifikasi dilakukan tim dari Kementrian Koperasi dan UKM. Seluruh berkas akan dikirimnya ke Satker dari Kemenkop UKM atau Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Tengah.

“Per hari Kamis dikirim ke tim Kemenkop UKM. Sedangkan Jumat verifikasi. Kami di sini hanya bertugas mengumpulkan data. Tak memiliki wewenang di luar itu. Rencananya tahap I ditutup Kamis besok. Direncanakan dibuka pendaftarannya sampai pekan kedua September,” katanya.

BERITA REKOMENDASI