Orangtua Diajak Peka Penglihatan dan Pendengaran Anak

Editor: Ary B Prass

KARANGANYAR, KRJOGJA.com-  Kondisi pendengaran dan pengelihatan anak sering luput dari perhatian orangtua. Padahal fungsinya secara normal menentukan tumbuh kembang dan kecerdasan anak.
Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karanganyar, Sutarno saat membuka kegiatan deteksi dini pendengaran dan pengelihatan anak serta pembagian kacamana gratis di rumah dinas bupati Karanganyar, Rabu (24/11/2021). Dalam kegiatan itu diundang 50 lebih peserta didik usia SD dan orangtuanya untuk mengikuti deteksi serta konsultasi nakes RSUD serta Puskesmas Karanganyar Kota. Anak-anak tersebut dari sekolah yang tersebar di Jaten, Karanganyar Kota dan Tasikmadu.
“Anak-anak ini modal kita meneruskan perjuangan mempertahankan NKRI dan memajukan daerah. Kualitasnya harus terjaga, baik fisik maupun psikis. Pendengaran dan pengelihatan menjadi penting, terutama saat menerima pelajaran dari guru. Sejak dini dideteksi. Jika ada kondisi gangguan, bisa langsung ditindaklanjuti,” katanya.
Kegiatan itu menggandeng donatur dari Baznas serta dibiayai Bagian Kesra Setda Kabupaten Karanganyar. Dalam diagnosanya, tidak semua peserta deteksi memperoleh alat bantu.
“Hanya bagi mereka yang membutuhkan alat bantu yang diberikan bantuan. Itupun sekali. Misalnya minus mata nambah atau kacamata yang kami berikan sudah tidak cocok, dipersilakan mandiri menyesuaikannya. Atau jika tidak mampu, boleh mengajukan proposal bantuan ke Baznas,” katanya.

BERITA REKOMENDASI