P3A Dharma Tirta Pulo Makmur Dinilai Pemprov

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Tim dari Propinsi Jawa Tengah melakukan penilaian lapangan Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Dharma Tirta Pulo, Desa Pulosari, Kebakkramat. Tim itu terdiri utusan Dinas Pertanian dan Perkebunan Propinsi Jawa Tengah serta Praktisi Sumber Daya Air.

“Kita berharap supaya hasil tindak lanjut dari kunjungan penilaian oleh tim dari Propinsi Jawa Tengah dapat segera direspons oleh Dharma Tirta Pulo Makmur dan dinas terkait,” kata Staf Ahli Bupati Karanganyar Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Didik Joko Bakdono, Rabu (21/3).

Dalam penyampaiannya, P3A Dharma Tirta Pulo Makmur Desa Pulosari memiliki luas tanam wilayah kerja 187 hektare, dimana pada masa tanam 1 dan 2 mengandalkan padi sedangkan pada masa tanam 3 sebanyak 184 hekatare ditanami padi dan 3 hektare ditanami tanaman palawija. Dari luas tanam tersebut, pada tahun 2017 menghasilkan padi sebanyak 6,641 ton/hektare pada masa tanam 1, sedangkan masa tanam 2 sebanyak 7,296 ton/hektare dan masa tanam 3 sebesar 8,624 ton/hektare.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai lomba, Sutrisno, memaparkan maksud dan tujuan lomba yakni untuk meningkatkan apresiasi dan kepedulian pemerintah maupun masyarakat terhadap jaringan irigasi. Peran masyarakat tani melalui perkumpulan petani pemakai air sangat penting dalam upaya pemeliharaan jaringan irigasi. (Lim)

BERITA REKOMENDASI