Pabrik Sangkar Burung Berskala Ekspor Ludes Terbakar

SOLO (KRjogja.com) – Pabrik sangkar burung berskala ekspor yang terletak  di kawasan Kampung Mertaudan RT07/ RW09 Kelurahan Mojosongo, Kecamatan Jebres terbakar, Kamis (25/8/2016). Penyebab kebakaran yang menimbulkan kerugian puluhan juta itu diduga karena adanya kelalaian, ada yang menyalakan rokok di dalam pabrik dan tersiram thiner.

Awalnya ada warga bernama Mulyadi yang melihat asap putih mengepul yang berasal dari pabrik finishing sangkar burung milik Ngadi (47). Warga seketika melakukan pemadaman dengan peralatan apa adanya. Menyusul dihubungi warga, sebanyak tujuh pemadam dikerahkan untuk memadamkan api.

Sempitnya akses jalan masuk ke dalam lokasi kebakaran, mengakibatkan api susah untuk dipadamkan. Terlebih, sejumlah bahan mudah terbakar seperti thiner, plitur serta kayu berada dilokasi tersebut. Setelah berjibaku sekitar satu jam, pemadam dibantu warga akhirnya berhasil menjinakkan sijago merah.

Menurut Ngadi pemilik pabrik ada yang memberitahu pihaknya ada orang yang merokok di dalam pabrik. "Waktu itu, ada karyawan yang lain sudah memperingatkan supaya tidak merokok ditempat finishing," ujar Ngadi, Kamis (25/8/2016).

Sejumlah sangkar burung bernilai jutaan rupiah yang di letakkan di dalam gudang ikut dilalap si jago merah. "Kerugian mencapai Rp 50 jutaan," pungkas Ngadi. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI