Pabrik Tekstil Terbakar, Butuh 5 Jam Untuk Pemadaman Api

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Kebakaran melanda ruang meeting dan gudang suku cadang PT Sekar Lima Pratama di Jl Solo-Sragen KM 8,1 Jaten, Senin (22/11) pukul 19.45 WIB. Api dapat dijinakkan setelah pemadaman selama lima jam.

Kabid Pemadam Kebakaran, Renggo Buwono mengatakan saking banyaknya material pabrik tekstil tersebut membuat api sukar padam. Dibutuhkan delapan unit mobil pemadam kebakaran diperbantukan ke lokasi. Mobil pemadam itu berasal dari Karanganyar sebanyak tiga unit dan lima unit lainnya dari kabupaten/kota di sekitarnya.

Adapun personel yang dilibatkan juga dari berbagai satuan. Sebelum bantuan tiba, masyarakat sekitar mencoba membantu memadamkan api secara manual namun kurang efektif. “Cukup sukar memadamkannya. Apinya menjalar dan awet. Sampai setelah dini hari baru bisa terkendali,” katanya kepada KR, Selasa (23/11).

Api berasal dari salah satu gudang yang dijadikan sebagai kantor. Kemudian merembet ke sebelah barat bangunan yang dijadikan sebagai tempat menyimpan suku cadang dan bahan bakar oli serta ruang meeting. Diduga api berasal dari adanya konsleting listrik yang ada di salah satu bagian gudang yang digunakan sebagai kantor.

“Dugaan sementara konsleting, untuk kerugian masih kita hitung, dan nanti akan kita lakukan identifikasi,” kata Kapolsek Jaten Yuni Masianto.

Ia mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun pemilik pabrik merugi ratusan juta rupiah. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI