Pakar SDM Dr Soeprayitno Raih Profesor Kehormatan UNS

Editor: Agus Sigit

SOLO, KRJOGJA.com – Pakar Sumber Daya Manusia (SDM), Dr Soeprayitno MM mendapat gelar Profesor Kehormatan dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. Pengukuhan Profesor Kehormatan yang pertama ini dilakukan rektor Prof Dr Jamal Wiwoho di Kampus Kentingan Solo, Kamis (31/3).

Di depan sidang terbuka Senat Akademik, Prof Soeprayitno akan menyampaikan orasi “Model Pentahelix Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia Era Industri 4.0 (Implementasi Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Ia dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan Bidang Ilmu Manajemen SDM pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Sekretaris Senat Akademik, Prof Ari Handono menjelaskan proses perjalanan profesor Soeprayitno sangat panjang. Ketika UNS masih berstatus Badan Layanan Umum (BLU) sudah diajukan. Namun akhirnya baru keluar sekarang, setelah berstatus PTNBH, katanya kepada wartawan di Tower Ki Hajar Dewantara, Rabu (30/3).

Menurut rektor Prof Jamal Wiwoho gelar profesor bisa diberikan melalui dua cara yakni melalui jalur akademik kepada dosen. Ini sesuai Permendikbud No. 92 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen di mana calon profesor mempunyai profesi sebagai dosen.

Kemudian bagi setiap orang dari kalangan non akademik yang memiliki kompetensi luar biasa. Ini sesuai Peraturan Mendikbud Ristek No 38 Tahun 2021 tentang pengangkatan Profesor Kehormatan.
“UNS memberikan gelar Profesor Kehormatan kepada Dr Soeprayitno karena merupakan pakar sumber daya manusia.

“Prof Soeprayitno adalah Komisioner Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN). Selain itu juga menjadi motivator dan sejumlah posisi penting salah satunya di Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo).-(Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI