Paket Air Zamzam Jemaah Haji Tiba di Kampung Halaman

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Paket air zamzam tiba di kampung halaman jemaah haji Kabupaten Karanganyar, Jateng. Keluarga para jemaah dipersilakan mengambil suvenir khas haji itu ke kantor Kemenag setempat.

Sebanyak 428 paket air zamzam itu tiba ke kantor Kemenag Karanganyar pada Minggu (26/06/2022). Jumlah paketnya setara dengan para jemaah Kabupaten Karanganyar yang dberangkat ke Tanah Suci di kloter 25 dan 26. Mereka bertolak dari Asrama Haji Donohudan Boyolali pada 21 Juni lalu.

Kepala Kantor Kemenag Karanganyar, Wiharso mengatakan pengiriman paket air zamzam merupakan fasilitas dari maskapai penerbangan haji. Paketnya datang mendahului jemaah yang direncanakan tiba akhir Juli atau awal Agustus mendatang.

“Paket air zamzam dikirim oleh Garuda Indonesia ke kantor kemenang. Di Karanganyar, jumlahnya sesuai yang berangkat haji. Yakni 428 paket. Tiap paket berisi 5 liter,” katanya, Jumat (01/07/2022).

Pengambilan paket dijadwalkan setiap hari di hari kerja. Adapun syarat pengambilannya harus menunjukkan surat penugasan mengambil paket tersebut dengan menyertakan fotokopi KTP dan formulir yang harus diisi. Sejak Senin (27/6) lalu, hampir separuh paket sudah diambil.

Paket air zamzam itu dikemas di karton bersegel. Kemenag menjamin air zamzamnya asli diambil dari sumur kawasan Masjidil Haram, Makah.

Wiharso tak menyarankan jemaah membeli lagi air zamzam yang dimasukkan ke koper. Hal itu bisa menimbulkan masalah saat berada di penerbangan.

“Memang bobot koper dijatah 30 kilogram. Paket zamzam sudah disediakan. Sebaiknya jangan nambah lagi dengan dimasukkan koper,” katanya.

Sekadar informasi, dua calon jemaah haji asal Kabupaten Karanganyar terpapar Covid-19. Usai menjalani pengobatan dan sembuh, keduanya diperbolehkan menyusul rombongan lewat kloter selanjutnya.

Awalnya, dua calhaj dinyatakan positif corona berada di masing-masing kelompok terbang (kloter) 25 dan 26. Dua calhaj ini kemudian menjalani karantina. Dari keduanya, satu calhaj dari kloter 25 melakukan tes ulang dan hasilnya negatif corona. Calhaj tersebut lantas diberangkatkan ke Tanah Suci. (Lim)

BERITA REKOMENDASI