Paklay dan ADM Mudahkan Cetak Dokumen Kependudukan

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Aplikasi Paket Layanan Mandiri (Paklay) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karanganyar mempermudah cetak dokumen kependudukan secara mandiri. Pemohon bisa langsung mengakses layanan itu secara digital.

Kepala Disdukcapil Karanganyar, Any Indrihastuti mengatakan pemohon harus mengunduh dulu aplikasi Paklay dari playstore di ponsel pintar sistem android. Cara ini dibarengi pemrosesan dokumen persyaratan di kantor dinas kependudukan. Inovasi layanan ini berdasarkan Permendagri Nomor 7 Tahun 2019 tentang pelayanan administrasi kependudukan secara daring.

Melalui anjungan itu, masyarakat dapat mencetak dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak (KIA), KTP, akta pencatatan sipil dan lainnya. Sebelum memanfaatkan layanan tersebut, masyarakat dapat meminta PIN atau Code QR kepada petugas melalui nomor WA 08112957751.

“Jika sudah rekam data dan diolah di Disdukcapil, bisa meminta PIN, QR code dan fingerprint kepada petugas, lalu digunakan untuk mencetak dokumen kependudukan di mesin ADM,” jelasnya kepada wartawan saat peluncuran Paklay di kantornya, Senin (28/12).

Mesin ADM berlayar sentuh rencananya dipasang di mal pelayanan publik. Selama mal belum terbangun, untuk sementara diletakkan di kantornya dulu.

“Prosesnya tidak sampai 1 menit. Hasilnya langsung bisa keluar (tercetak). Untuk ketersediaan blanko KTP dan KIA cukup. Lainnya nanti pakainya kan HVS. Kemarin kami dapat blanko KTP sekitar 14.000 keping,” jelas dia.

BERITA REKOMENDASI