‘Pambudi’ Siarkan Slogan Tertib Lalin Bahasa Jawa

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Satlantas Polres Karanganyar mengemas sosialisasi mobil tertib lalu lintas melalui siaran berdialek lokal. Berisi ajakan berkendara aman, pesan yang disampaikan lebih mengena.

"Mobil patroli Pambudi ini khas di Karanganyar. Pengisi rekaman dari kru Radio Swiba milik Pemkab. Memilih nama Pambudi yang artinya berbudi luhur, agar menyalurkan budi pekerti tertib berlalu lintas bagi pengguna jalan,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Suryo Wibowo, Sabtu (10/09/2016).

AKP Suryo berharap modifikasi mobil patroli ini diharapkan mampu menekan tingginya angka kecelakaan di Karanganyar. Karena itu, memotivasi para anggota satuan lalu lintas untuk lebih sigap dan bijak dalam memberikan penindakan. Sanksi tilang diklasifikasi ke tiga jenis pelanggaran, yakni mengarah ke kecelakaan, kemacetan dan administrasi.

"Akan diganjar poin dan reward untuk tiap penindakan. Poin tertinggi terkait tilang yang dilayangkan ke pelanggar lalu lintas yang berdampak kecelakaan seperti melanggar lampu merah, ngebut dan melanggar batas muatan. Kemudian poin sedang pada pengemudi parkir sembarangan karena menyebabkan macet serta poin ringan pada pelanggaran administrasi berkendara,” jelasnya. (R-10)

 

BERITA REKOMENDASI