Panglima TNI Ajak Mahasiswa Amalkan Nilai Pancasila

 

SOLO, KRJOGJA.com – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengajak mahasiswa dan mahasiswi Indonesia untuk terus menggali dan mengamalkan nilai-nilai universal Pancasila tanpa ada batas dan sekat suku, agama maupun ras. 

"Sebagai bangsa yang besar, hendaknya senantiasa teguh pada tujuan cita-cita bangsa dan negara Indonesia," kata Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., saat memberikan Kuliah Umum di hadapan 800 mahasiswa-mahasiswi  dan Civitas Akademika Universitas  Sebelas Maret dengan tema  'Pancasila Sebagai Nilai-Nilai Kedaulatan Bangsa Indonesia Dalam Menghadapi Ancaman Global Kekinian' di Auditorium  Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jawa Tengah, Selasa (20/3/2018).

Panglima TNI menyampaikan  Pancasila merupakan nilai-nilai dari kedaulatan bangsa Indonesia, dimana sila-sila didalamnya mencerminkan nilai-nilai kedaulatan bangsa Indonesia dalam berketuhanan, berperikemanusiaan, menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan, berdemokrasi serta hidup berkeadilan sosial. 

"Nilai-nilai yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar 1945 menjadi falsafah dan pandangan hidup bangsa Indonesia,” katanya.

 
Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, perkembangan dinamika ancaman global yang terjadi belakangan ini, seringkali menjadi batu sandungan bagi terwujudnya cita-cita luhur bangsa Indonesia.  
"Berbagai fenomena yang cenderung mereduksi atau merusak marwah Pancasila sebagai ideologi Negara, kita seharusnya perlu terus untuk mewaspadai dan mengantisipasi," ujarnya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa Pancasila lahir dari kristalisasi nilai-nilai luhur bangsa yang hakiki.  

"Pancasila berisi kebenaran dan pembuktian bahwa hanya dengan  mempedomani dan mengamalkan sila-sila yang didalamnya, eksistensi Indonesia tetap dapat bertahan dari berbagai ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan yang selalu mendera,” jelasnya. (*)

 

BERITA REKOMENDASI