Pasar Budaya Angkat Sisi Lain Situs Manusia Purba Sangiran

SRAGEN, KRJOGJA.com – Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) mendukung dan memfasilitasi kegiatan Pasar Budaya bertajuk Sisi Lain Situs Manusia Purba Sangiran untuk mewujudkan desa yang sehat, berdaya dan mandiri sebagai bentuk upaya pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan. Pelaksanaan Pasar Budaya Sisi Lain Situs Manusia Purba Sangiran 2020 ini dilakukan dengan memaksimalkan publikasi secara dalam jaringan (daring) dan mematuhi protokol kesehatan serta pembatasan pengunjung dalam pelaksanaan secara luar jaringan (luring).

Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI Restu Gunawan mengatakan melibatkan masyarakat setempat dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat merupakan esensi yang penting. Masyarakat ditempatkan sebagai subjek pemberdayaan dan menjadi bagian dari kegiatan pengembangan dan pemanfaatan sehingga posisi masyarakat bukanlah obyek penerima manfaat (beneficiaries) yang tergantung pada pemberian dari pihak luar seperti pemerintah, melainkan sebagai subyek yang berbuat secara mandiri.

“Kegiatan Pasar Budaya bertajuk Sisi Lain Situs Manusia Purba Sangiran ini mengajak masyarakat untuk menemukenali potensi budaya yang dimilikinya, mengemas dan mempublikasikannya dalam kegiatan pasar budaya. Masyarakat lokal terlibat aktif sejak perencanaan hingga pelaksanaan, melalui proses identifikasi masalah, kebutuhan dan pemecahan masalah, pemetaan potensi budaya dengan perumusan, pengemasan, dokumentasi dan publikasi,” ujar Restu dalam keterangan tertulis, Selasa (17/11/2020).

BERITA REKOMENDASI