Pasar Eromoko Bakal Direvitalisasi

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Pemkab Wonogiri pastikan Pasar Kecamatan Eromoko Wonogiri akan direvitalisasi. Bupati Wonogiri Joko Sutopo dalam temu pedagang dalam sosialisasi pembangunan pasar tradisional itu, Jumat (14/8), menyebutkan pihaknya sudah menyiapkan dana Rp 5 miliar. Diharapkan, proyek revitalisasi Pasar Eromoko akan meningkatkan PAD maupun pendapatan pedagang.

Menurut bupati, kedatangan dia dalam sosialisasi yang digelar pendopo kantor camat setempat ingin mendengar langsung keluhan maupun keinginan para pedagang serta tokoh masyarakat. Pihak Pemkab, kata dia, tidak hanya merehab pasar tradisional Eromoko namun juga siap merehab Puskesmas Eromoko dengan dana Rp 5 miliar juga.

Kepala Dinas UMKM Koperasi Perekonomian Perdagangan dan Perindustrian Wonogiri Wahyu Widayanti SSos SPd melaporkan, Pasar Eromoko direhab terakhir tahun 1986 lalu. Selama ini, kata dia, omzet pasar tradisional itu sekitar Rp 30 miliar per tahun. Jika nanti selesai direvitalisasi omzet para pedagang akan naik drastis.

Tokoh masyarakat Eromoko, Gembong Haryanto mendukung rencana pembangunan pasar seluas 5.529 m2 ini. “Hanya saja satu permintaan kami, agar akses jalan putar distrik yang selama ini tertutup lapak pedagang dihidupkan kembali,” kata pensiunan PNS saat tanya jawab dengan Bupati Wonogiri.

Di depan tokoh masyarakat dan para pedagang pasar, Bupati Joko menambahkan para pedagang lama tidak dipungut biaya sepeserpun karena sudah ditanggung Pemkab. “Kalau nanti ada yang memungut sejumlah uang dengan dalih untuk kabupaten (bupati) para pedagang harus berani menolak mentah-mentah,” pesan Bupati Joko sembari menambahkan itu merupakan aksi oknum tidak bertanggung jawab. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI