Pasca Pemilu, Tagih Janji Elite Politik

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Masyarakat berhak menagih janji kampanye para elite politik pemenang pileg, pilpres maupun pilkades. Pascapemilu merupakan waktu tepat pembuktian janji kampanye dan menakar kesungguhan para elite memperjuangkan kepentingan rakyat.

Hal itu dikemukakan Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Jateng, Anik Sholihatun kepada wartawan usai  peluncuran desa pengawasan di Balai Desa Tamansari, Kerjo. "Bangun komunikasi secara kelembagaan. Tagih janjinya! Itulah mengapa desa pengawasan ini dibentuk," katanya. 

Masyarakat merupakan elemen paling kuat mengawasi jalannya pemerintahan dan kinerja para elite politik. Sedangkan proses pemilu sekadar menyelenggarakan pemilihan sesuai aturan perundangan. Namun berhenti ketika pemilu selesai. 

"Gerakan desa pengawasan bersifat jangka panjang. Generasi kita akan terselamatkan melalui gerakan partisipatif. Silakan mengawasi dan berkonsultasi dengan Bawaslu. Ini yang harus dikembangkan pasca pemilu. Bersikap kritis terhadap program pemerintah. Masyarakat punya ruang lebih luas dibanding petugas Bawaslu yang jumlahnya terbatas dan dibatasi yurisdiksi," lanjutnya. 

Ketua Bawaslu Karanganyar Nuning Ritwanita Priliastuti mengatakan, desa pengawasan dan antipolitik uang, melengkapi keberadaan desa Bawaslu yang dirintis di Desa Karanglo, Kecamatan Tawangmangu. "Ke depan, tidak menutup kemungkinan ada desa-desa lain yang dikembangkan dengan tujuan serupa, namun berbeda tema. Yang jelas, ini untuk mendorong pengawasan partisipatif masyarakat, agar ke depan pemilu bisa lebih berkualitas," tuturnya.

Dia menambahkan, penunjukan enam desa sebagai desa pengawasan dan antipolitik uang, tak lepas dari catatan baik pada pemilu lalu, yakni minimnya pelanggaran kepemiluan dan minimnya kasus politik uang. Tiga desa yang ditunjuk sebagai desa pengawasan adalah Desa Karangbangun di Kecamatan Matesih, Salam (Karangpandan) dan Tamansari (Kerjo). Sedangkan tiga desa antipolitik uang adalah Desa Gentungan (Mojogedang), Tlobo (Jatiyoso) dan Paseban (Jumapolo).  (Lim)

BERITA REKOMENDASI