Pasien Covid-19 Disarankan Minta Resep Dokter Obat Ivermectin

SRAGEN, KRJOGJA.com – Pasien penderita Covid-19 disarankan meminta resep dokter untuk obat Ivermectin. Obat yang telah diberi izin penggunaan darurat dan boleh diedarkan tersebut dinilai ampuh untuk menyembuhkan penderita Covid-19.

Sejumlah penderita Covid-19 juga telah mengaku sembut setelah mengonsumsi Ivermectin. Apalagi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan izin penggunaannya berdasarkan Surat Edaran BPOM tentang Pelaksanaan Distribusi Obat dengan Persetujuan Penggunaan Darurat. Surat edaran itu bernomor PW.01.10.3.34.07.21.07 Tahun 2021 yang ditandatangani oleh Plt. Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Perkursor, dan Zat Adiktif BPOM, Maya Agustina Andarini, pada 13 Juli 2021 lalu.

Selain ivermectin, ada tujuh obat lainnya yang direkomendasi yaitu Remdesivir, Favipiravir, Oseltamivir, Immunoglobulin, Tocilizumab, Azithromycin, dan Dexamethasone. “Silakan minta dokter untuk membuatkan resepnya. Sebab sudah terekomendasi BPOM. Tentu saja bagi yang terpapar Covid-19, terbukti ampuh obat Ivermectin ini,” ujar Relawan RSI Amal Sehat, Sragen, Untung Wiyono kepada wartawan di Sragen, Senin (2/8/2021).

Menurut Untung, dirinya sudah memberikan secara cuma-cuma obat Ivermectin di paket obat yang didistribusikannya ke warga isolasi mandiri usai terpapar Covid-19. Tak kurang dari 3.000 paket sudah terdistribusi. Berbekal rekomendasi dari BPOM tersebut, seharusnya masyarakat tak perlu ragu mengonsumsinya.

BERITA REKOMENDASI